Nissan Terra Debut Perdana di China, Ada Yang Beda !



nissan terra 2018 debut in china
(Foto: Worldwide News) nissan terra 2018 debut in china

RiderTua.com – Nissan Terra, SUV teranyar ini menggunakan basis platform yang sama dengan Navara. Dengan kehadiran SUV terbaru ini maka Nissan akan memperkokoh penjualannya di Negeri Panda tersebut. Selama ini Nissan hanya mengandalkan X-Trail atau Navara. Nissan Terra debut perdana di China, namun ada yang beda, apa itu ?

Baca juga: Nissan Fairlady Z Siap Dilahirkan Kembali

Terra Tidak Sesuai Ekspetasi?

Pada awal pengumuman, banyak yang memperkirakan kalau Terra merupakan SUV 7 penumpang, sehingga cocok melawan Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport. Nyatanya, ketika melakukan debut perdananya, ‘Navara’ versi mobil penumpang ini malah menjadi SUV 5 penumpang alias hanya memiliki dua baris bangku.

Memang ini di luar dugaan karena bodi Terra terlihat cocok untuk dijadikan SUV 7 penumpang seperti X-Trail. Mungkin Nissan hanya mengkhususkan Terra dua baris untuk pasar China, tetapi untuk pasar global masih belum jelas.

Terra menggunakan sistem pengggerak 4×4, memiliki panjang 4.882 mm, lebar 1.850 mm, dan tinggi 1.835 mm, ground clearance 225 mm, approach angle 32 derajat, serta departure angle 27 derajat. Menggendong mesin bensin berkode QR25 yang menghasilkan tenaga sebesar 180 tk dan torsi 251 Nm. Untuk memaksimalkan penggunaannya di jalan off-road, ada 4WD-Diff, Hill Descent Control, dan Hill Start Assist.

Sementara fitur yang disematkan yaitu gril V-motion khas Navara dan X-Trail lawas, headlamp dan lampu belakang LED, pelek 18 inci, zero gravity seats, dan 7 kantong udara. Terra sudah didesain untuk dapat meredam suara bising dari angin maupun jalan, sehingga tingkat kenyamanannya lebih terjamin.

Untuk saat ini Terra hanya tersedia di China dengan 6 pilihan warna. Tetapi kalau suatu saat nanti dibawa ke pasar global maka bisa saja Terra menjadi SUV 7 penumpang seperti X-Trail.

Tanggapan Nissan

Ashwani Gupta selaku Senior Vice President Nissan’s Light Commercial Vehicle Bussiness mengatakan

“Nissan Terra dirancang dari warisan SUV kuat kami, sembari menggabungkan kebutuhan konsumen Asia dan performa pengembangan sasis kendaraan kami. Terra adalah keturunan Nissan Patrol yaitu ikon kami yang didesain awalnya untuk polisi dan militer”

Be the first to comment

Leave a Reply