Nissan Evalia Resmi Disuntik Mati

Nissan evalia
Nissan evalia

Berita ini memang tidak begitu mencengangkan dan sudah diprediksi sebelumnya. Akhirnya Nissan Evalia resmi disuntik mati oleh Nissan Indonesia. Setelah berkecimpung di dunia perotomotifan selama hampir 6 tahun di Indonesia untuk mengisi kelas MPV boxy. Artinya para konsumen tidak akan bisa lagi melihat atau mendapat Evalia di dealer manapun.

Baca juga: Penjualan Terus Menurun Nissan Evalia Terancam Disuntik Mati ?

Evalia Oh Evalia Nasibmu Kini

Sebelumnya Evalia menghilang tanpa jejak dari situs resmi Nissan Indonesia. Banyak yang mencurigai kalau Nissan sudah tidak memproduksi Evalia dan ternyata benar. Nissan memutuskan untuk menghentikan produksi Evalia sejak awal tahun 2018 lalu.

Evalia hadir di Indonesia sejak tahun 2012. Di tahun pertama Evalia masih membukukan penjualan yang OK yaitu 10.691 unit. Namun setahun kemudian (tahun 2013), penjualan Evalia merosot tajam hingga hampir menyentuh 50 persen yaitu hanya 5.934 unit.

Tren penurunan penjualan Evalia terus merosot tajam hingga 50 persen kembali terjadi di 2014 yaitu hanya 2.945 unit terjual. Kemudian di tahun 2015, Evalia hanya membukukan penjualan sebanyak 660 unit. Tahun 2016 turun kembali ke angka 578 unit terjual. Dan parahnya di tahun 2017 kemarin hanya mampu terjual 17 unit saja. Bulan Januari 2018 malah tidak ada satu pun Evalia yang terjual.

Meskipun sudah dihentikan, Nissan masih bisa melayani aftersales servis dan suku cadang bagi pemilik Evalia. Jadi bagi anda pemilik Evalia tak usah risau dan galau.

Pasar MPV boxy memang mulai menunjukkan penurunan dan kalah bersaing dengan LMPV dan medium MPV. Ada yang memilih bertahan dan ada juga yang berhenti diproduksi. Nasib Evalia mirip dengan Toyota Sienta, dari tahun ke tahun penjualannya terus menurun sehingga Toyota memutuskan untuk menghentikan produksi Sienta.

Tetapi dengan perginya Evalia, apakah kedepannya Nissan masih mau mencari penggantinya atau memilih beralih ke pasar yang lebih menjanjikan. Hal ini mengingat baru-baru ini Nissan meluncurkan pembaruan untuk Grand Livina. Dan Nissan juga punya rencana akan memproduksi ‘saudara kembar’ Xpander. Nissan Indonesia masih belum memastikannya hingga kini.

Tanggapan Nissan Indonesia

Hana Maharani selaku Head of Communication PT. NMI (Nissan Motor Indonesia) menagatakan

“Kami sudah tidak memproduksi Evalia. Layanan purna jual untuk konsumen tetap continue untuk sparepart dan servis”

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*