Categories: Otomotif

Penjualan Terus Menurun Nissan Evalia Terancam Disuntik Mati ?

Apa kabar Evalia ? MPV bongsor berbentuk boxy dari Nissan ini lama tak terdengar kabarnya. Evalia hadir di Indonesia sekitar 6 tahun yang lalu tepatnya di tahun 2012. Rentang waktu selama 6 tahun, pesaing Evalia banyak yang sudah melakukan pembaruan. Namun hingga kini Evalia masih belum tersentuh penyegaran model. Itukah yang menjadi faktor penyebab penjualan terus menurun Nissan Evalia terancam disuntik mati ?

Baca juga: Inilah Model Mobil yang Kurang Beruntung Tahun Ini

Anjloknya Penjualan Evalia

Dari data wholesales yang dirilis oleh Gaikindo, untuk tahun 2017 Nissan Evalia hanya membukukan penjualan sebanyak 17 unit saja. Tahun 2017 adalah tahun terburuk bagi Evalia.

Sejak diluncurkan tahun 2012 silam, penjualan Evalia memang tidak begitu menggembirakan. Tahun pertama sejak diluncurkan, Evalia membukukan penjualan sebanyak 10.691 unit. Tren penurunan penjualan ini terus berlanjut di tahun-tahun berikutnya.

Tahun 2013 penjualan Evalia turun lagi menjadi 5.934 unit. Begitu juga tahun 2014 hanya terjual 2.945 unit. Di tahun 2015 terjual hanya 660 unit. Dan tahun 2016 terjual sejumlah 587 unit.

Disuntik Mati ?

Nissan India lebih dulu menyuntik mati Evalia di tahun 2015. Penjualannya yang tidak memuaskan dan minat masyarakat India terhadap Evalia yang semakin menurun menjadi faktor penyebabnya.

Di saat yang sama, sebenarnya Nissan Indonesia sempat menghentikan produksi Evalia. Namun entah karena apa, Nissan memutuskan melempar Evalia kembali lagi ke pasar. Dan kembali lagi, Nissan harus merasakan pil pahit jika Evalia sudah tidak diminati konsumen di Indonesia.

Hidup Evalia bagaikan peribahasa ‘hidup segan mati tak mau’. Bahkan tahun lalu mobil MPV boxy ini tak terlihat mejeng di pameran otomotif IIMS dan GIIAS. Apakah ini menandakan kalau pasar MPV bongsor sepi peminatnya? Karena hal yang sama pernah dirasakan oleh Suzuki dengan APV-nya.

Walaupun begitu, Nissan Indonesia masih ingin mempertahankan eksistensi Evalia di pasar otomotif Tanah Air. Tetapi ada kemungkinan dalam waktu dekat pada akhirnya Evalia harus mengakhiri sepak terjangnya di Indonesia. Pihak Nissan masih mendiskusikan permasalahan tersebut. Lalu jika Evalia tersingkir nantinya, model apa yang akan menggantikannya di pasar MPV boxy? Atau apakah Nissan tak ingin fokus ke pasar MPV boxy lagi?

Tanggapan Nissan Indonesia

Davy J. Tulian selaku Vice President Director of Marketing & Sales PT. Nissan Motor Indonesia mengatakan

“Evalia, sebenarnya pada saat ini masih dalam pembahasan, cuma memang kalau kita lihat level penjualannya sudah sangat turun. Namun apakah itu discontinue atau tidak, nanti kita tunggu keputusan resminya”

ridertua

Leave a Comment

Recent Posts

Pedro Acosta : Tahun Lalu Performa RC16 di Jerez Bagus Itu Memotivasiku

RiderTua.com - 2024 bisa dibilang tahunnya Pedro Acosta. Rookie dari tim GASGAS-Tech3 itu tampil impresif dalam 3 seri MotoGP pertama…

24 April 2024

Toprak Razgatlioglu : Aku Hampir Menangis, Banyak Orang Jerman Mendukung Saya!

RiderTua.com - Setelah finis ke-2 pada race pertama hari Sabtu, Toprak Razgatlioglu menyelesaikan superpole race pada Minggu pagi di posisi…

24 April 2024

Semua Rider Mengincar Tempat Enea Bastianini di Ducati

RiderTua.com - Mengenai performa kuat Enea Bastianini musim ini, usai GP Amerika Michael Laverty mengatakan, "Senang melihat performa Enea. Dia…

23 April 2024

Yamaha Bolt R-Spec : Motor Bobber Baru yang Harganya Rp 140 Jutaan

RiderTua.com - Motor bobber yang punya ciri khas tersendiri, kini Yamaha meluncurkan Bolt R-Spec yang dapat model baru tahun 2024.…

23 April 2024

Honda Catatkan Hasil Penjualan Mobil yang Bagus Bulan Lalu

RiderTua.com - Honda mungkin juga mengalami perlambatan penjualan mobil di Indonesia sepanjang kuartal pertama tahun ini. Tapi setidaknya hasil yang…

23 April 2024

BYD akan Merilis Pikap D-Cab Terbarunya Minggu Ini

RiderTua.com - BYD telah dikenal dengan mobil listriknya di pasar global, dari hatchback, sedan, sampai SUV telah dijualnya. Namun hanya…

23 April 2024