Mobil SUV Ini Mampu ‘Mendaki’ Hampir Seribu Anak Tangga, Busyet Dah !



range rover daki 999 anak tangga menuju heaven gate china
(Foto: Brilio) range rover daki 999 anak tangga menuju heaven gate china

Yang namanya mobil SUV tentu harus bisa tahan dengan kondisi jalanan ekstrim. Medan off-road, jalan berbatu, berlumpur, jalan aspal harus bisa disikat habis. Oleh karena itulah SUV selalu diandalkan di balap rally ataupun kompetisi lainnya. Nah, apa jadinya kalau ada mobil yang mampu berjalan di anak tangga dengan derajat kemiringan mencapai 45 derajat ? Percayakah anda jika mobil SUV ini mampu ‘mendaki’ hampir seribu anak tangga ? Bener-bener gile !

Baca juga: Polisi Tidur Ekstrim Ini Benar-Benar Anti Mainstream
range-rover-taklukkan-jalur-naga-di-china
(Foto: blackxperience.com) range-rover-taklukkan-jalur-naga-di-china

Range Rover Buktikan Ketangguhannya

Ini bukan sekedar lelucon belaka. Ini benar-benar dibuktikan oleh Range Rover Sport P400e PHEV di sebuah tempat wisata ikonik di China, ‘Gerbang Surga/Heaven Gate’. Melalui Dragon Challenge (Tantangan Naga), Range Rover ini mampu mendaki hampir seribu atau lebih tepatnya 999 anak tangga yang memiliki kemiringan yang tajam di landmark terkenal selain Tembok Besar China ini.

Mobil ini dikendarai oleh seorang pembalap profesional Ho-Pin Tung. Start dari jalan raya Pegunungan Tianmen sejauh 11,3 km. Jalur di pegunungan ini amat tersohor disebut sebagai ‘Jalan Naga’ karena memiliki 99 tikungan. Yup, jalanan ini meliuk-liuk bak seekor naga sedang berjalan. Bagi yang gampang mabuk pasti tak ingin membayangkan bagaimana jalan ini begitu memusingkan.

Setelah melibas ‘Jalan Naga’, Range Rover Sport PHEV akhirnya menghadapi tantangan tersulit, yaitu mendaki 999 anak tangga untuk mencapai Gerbang Surga. Tentu tak mudah untuk mobil biasa untuk bisa mendaki setinggi itu. Karena bisa-bisa merusak bagian bawah mobil, apalagi kemiringan tangga ini mencapai 45 derajat.

Tapi itu bukan masalah bagi Ho-Pin Tung. Skill yang mumpuni sebagai seorang pembalap dan akhirnya ia berhasil membawa Range Rover Sport ‘mendarat’ ke Gerbang Surga.

Range Rover Sport yang dipakai pada tantangan ini menggunakan kombinasi mesin bensin Ingenium dan daya listrik dari baterai. Ketika mendaki tangga, Range Rover Sport mengandalkan sistem Terrarin Response agar bisa tetap bertahan di kemiringan ekstrim.



Be the first to comment

Leave a Reply