Ini Alasan Daihatsu Nggak Mau Bawa Sedan ke Indonesia



Daihatsu DN-F Sedan Konsep

Sebenarnya Daihatsu tidak memiliki sedan di Indonesia. Sementara aliansinya, Toyota, sudah punya beberapa sedan seperti Corolla Altis, Vios, dan Camry. Beberapa produsen lainnya juga sudah memiliki dan menjualnya. Ini alasan Daihatsu nggak mau bawa sedan ke Indonesia, kira-kira kenapa ya ?

Baca juga: Daihatsu DN F-Sedan, Coupe Murah, Lampunya Mirip Toyota Innova

Sebenarnya Daihatsu pernah menampilkan mobil konsep sedan bernama DN F Sedan di GIIAS 2017. Mobil ini memiliki fitur yang canggih dan desain yang keren. Tetapi Daihatsu enggan memproduksinya dalam waktu dekat. Mengapa?

Alasan Daihatsu

Penyebabnya karena segmen sedan rendah peminatnya di Indonesia, sehingga DN F Sedan kurang diminati masyarakat Tanah Air. Malah masyarakat sangat tertarik dengan saudaranya yaitu mobil konsep MPV DN Multisix, yang dianggap sebagai ‘pendamping’ atau pengganti Xenia suatu saat nanti.

Untuk diketahui, saat pameran otomotif GIIAS 2017 lalu, Daihatsu memamerkan 2 mobil konsepnya. Yaitu DN-F Sedan dan DN Multisix untuk kelas MPV.

Tak semua mobil konsep bisa langsung diproduksi, semua itu tergantung dari besar kecilnya minat masyarakat pada mobil tersebut. Jika sebuah mobil konsep yang dipamerkan namun tak mendapat respon positif dari masyarakat, ini bisa dipastikan mobil itu punya peluang kecil untuk diproduksi. Dan begitu pula sebaliknya.

Menurut Daihatsu, DN Multisix memiliki potensi untuk diproduksi. Mengingat animo masyarakat yang besar terhadap mobil konsep ini, hal ini bisa terjadi kapan saja. Namun Daihatsu masih enggan ‘dikulik’ tentang masalah ini.



Be the first to comment

Leave a Reply