Ini Cara Agar Tidak Mabuk Saat Perjalanan

mabuk-dalam-perjalanan
(Foto: Pondok IBU) mabuk-dalam-perjalanan

Jika melakukan perjalanan jauh tentu melelahkan dan jika sampai terlalu lelah, bisa-bisa jatuh sakit. Umumnya keluhan yang sering dialami dalam perjalanan yaitu merasa mual, pusing atau kerap disebut ‘mabuk perjalanan’. Memang sangat menganggu, tetapi ada cara untuk mencegah rasa mual dan pusing saat perjalanan. Ini Cara Agar Tidak Mabuk Saat Perjalanan

Baca juga: Tips Perawatan Aki CBR150R Sering Cek Kondisi Voltase !!

Tips Agar Tak Mabuk Dalam Perjalanan

Sebelum melakukan perjalanan, pastikan untuk memerhatikan makanan atau minuman yang dikonsumsi. Hindari minuman beralkohol, makanan pedas, berlemak, beraroma menyengat, dan apapun yang bisa memicu rasa mual. Membawa makanan ringan boleh-boleh saja, kok. Makan buah jeruk juga bisa menghilangkan rasa mual. Kalo jaman dulu sih disuruh minum Sprite, biar bisa bersendawa dan mual pun hilang. Makan permen jahe/mint juga bisa membantu.

Minumlah obat untuk menghindari mual (obat mabuk perjalanan), tepatnya diminum 30-60 menit sebelum berangkat. Jangan melakukan aktifitas seperti membaca atau bermain gadget tambah bikin pusing.

Jika masih mual, cobalah untuk duduk di kursi depan dengan posisi duduk tegak namun usahakan agar duduk senyaman mungkin dan pandangan mata lurus ke depan. Kalaupun mau melihat ke samping jendela, jangan terlalu sering karena bisa menimbulkan mual.

Saat di dalam mobil cobalah untuk tidur, tutup kaca jendela dan nyalakan AC agar tidak terpapar asap kendaraan atau debu yang masuk ke dalam mobil yang juga memicu rasa mual. Dan jika berhenti di rest area, istirahatlah agar rasa mual hilang.

Be the first to comment

Leave a Reply