Tips Perawatan Aki CBR150R Sering Cek Kondisi Voltase !!

Tips Perawatan Aki CBR150R – Motor sport sekarang memang tidak dilengkapi dengan kick starter. Sehingga kita mengandalkan tombol starter untuk menghidupkannya. Selain untuk memutar motor starter aki juga berfungsi sebagai penggerak fuel pump(pompa bensin) .
Tips Perawatan Aki CBR150R
Nah melihat vitalnya fungsi bagian ini maka sudah seharusnya kita menjaga performa aki. Jangan sampai punya motor keren tapi mogok… Berikut tips perawatan aki CBR150R

Tips Perawatan Aki CBR150R

Memang aki motor sekarang bebas perawatan namun bukan berarti bebas seumur hidup. Karena memang “masa sehat” aki hanya berumur 1,5 tahun saja. Dan setelah itu akan berkurang kemampuannya. Sehingga setelah masa itu kita harus rajin-rajin cek ke bengkel(resmi). Karena orang bengkel belum tentu tahu kapan terakhir aki diganti(yang tahu kita saja) khususnya untuk motor lawas lebih dari 2 tahun.  Yang penting rajin cek aki. Dalam jadwal perawatan berkala. Mekanik sudah melakukan pengecekan voltase baterai atau aki. Umumnya saat usia 1,5 tahun kemampuan aki mulai menurun dan harus di ganti dan setelah 2 tahun biasanya penggantian rutin aki dilakukan.

Tips Perawatan Aki CBR150R
Indikator Engine CBR150R

Tanda – Tanda Aki CBR150R Mulai “Sakit”

Lalu bagaimana cara mengetahui aki CBR150R kita mulai menurun dan harus hati-hati? Ada indikator di dashboard (spedometer display). Jika setelah kinci ON pasti indikator mesin ( gb atas) akan menyala sebentar kemudian mati. Dan apabila setelah di start indikator itu menyala lagi itu adalah peringatan aki dan tanda-tanda aki CBR150R mulai sakit. Dan perlu segera dilarikan ke bengkel sehat.  Agar tidak terjadi motor tidak bisa distarter karena motor injeksi harus dihindari mendorong motor dalam kondisi aki “kosong” karena semua serba elektronik yang butuhkan sumber daya aki. Termasuk pompa injeksi.. mau hidup pakai apa kalau tiada tenaga baterei.

Honda CBR150R mogok boleh didorong?

Nah kalau mogoknya karena aki ditandai dengan tanda Indikator engine CBR150 tadi menyala maka satu-satunya jalan adalah ganti aki baru. Karena yang butuh tenaga aki adalah:

  • Pompa bensin ( butuh listrik buat mutar motor pompa)
  • Sensor-sensor ECU ( otak elektrik motor) butuh daya aki buat bekerja

Jadi mendorong CBR150R yang mogok adalah sia-sia saja dan bisa jadi komponen akan terjadi gangguan jika dipaksa. (mungkin ini juga sama untuk semua motor injeksi)
Kecuali jika mogoknya diluar dari Aki.

Katanya aki bebas perawatan ( Free maintenance) ?

Yap aki CBR150R adalah aki bebas perawatan. Kita tidak perlu memeriksa kadar air aki atau menambah air aki. Namun bukan berarti tidak memperhatikan bagian ini. Yang bebas memang kita..Tapi itu tugas mekanik yang akan cek kondisi. Bisa jadi aki akan lebih cepat rusak sebelum usia 1,5 tahun karena tergantuung kondisi misalnya kita tambah variasi lampu pastinya akan membebani usia aki itu sendiri. Lupa off kontak dalam waktu lama ( karena RT termasuk ridertua yang kadang pelupa alias pikun) 😀

Lalu apa tugas kita ?

Pastinya jika kita sayang dengan motor kita maka kita juga harus sering memperhatikannya termasuk bagian aki CBR150R kita ini. Dengan cara membersihkan secara rutin terminal baterai nya jika terlihat sudah mulai kotor atau ada karatnya (atau ada kotoran warna putih hasil proses kelistrikan) dan bersihkannya dengan air hangat (bisa pakai kuas kecil) disapukan atau lap bersih.
Jika sudah parah dan berkarat bisa digosok dengan sikat kawat atau amplas. Namun jika takut melakukannya ya bawa aja ke servis AHASS terdekat. Kalau jauh dari bengkel bisa kerjakan sendiri dengan hati-hati. Melepas kabel dari Pole Negatif (-) dulu baru yang Plus(+) tujuannya biar tidak terjadi percikan api. Kemudian memasangnya kebalikan nya.

Keunggulan Sistim Kelistrikan CBR150R ( Umur aki lebih panjang)

Nah ini ada hubungannya dengan Aki

  • Kelistrikan All New Honda CBR150R lebih kecil, otomatis akinya bisa lebih awet
  • Lampu LED butuh daya kecil
  • Lampu sein juga lebih kecil Wattnya
  • Tipe pengapian baru full transistorized
  • Tipe aki MF Wet 12V 5Ah
  • Busi type baru NGK MR9C-9N atau ND U27EPR-N9

 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page