Kijang Innova Zenix Hybrid dan Baterai ‘Harga Selangit’

RiderTua.com – Kijang Innova Zenix kini menawarkan pilihan mesin hybrid untuk menggantikan mesin diesel. Namun seperti mobil hibrida lainnya yang dijual di Indonesia, harga jualnya lebih mahal dari model konvensionalnya. Walau Kijang Innova Zenix Hybrid dipastikan bisa lebih laris ketimbang model bermesin bensin. Tapi karena baterainya dibanderol cukup mahal, membuat harga jualnya menjadi ‘selangit’.

Baca juga: Toyota: Elektrifikasi Bakal Lebih Cepat Setelah Innova Zenix Dirilis

Kijang Innova Zenix Hybrid Bisa Lebih Laris?

Berbicara soal mobil hybrid, biasanya mobil jenis ini dibanderol sedikit lebih murah dari mobil listrik. Namun tetap saja, tanpa adanya insentif khusus kendaraan ramah lingkungan, harga jualnya bisa lebih mahal dari itu. Seperti yang terjadi pada Kijang Innova Zenix Hybrid, dimana banderolnya bisa mencapai Rp 500-600 jutaan.

Ternyata harga jualnya yang lebih mahal dari model konvensional maupun model lamanya disebabkan oleh komponen baterainya. Bagaimana tidak, harganya bisa mencapai Rp 30 juta, dan banderol ini mungkin dianggap terlalu mahal bagi banyak orang. Sehingga harga baterai mobil sering dianggap sebagai biang kerok dari mahalnya harga jual mobil hybrid maupun listrik murni.

(Toyota Astra Motor)

Masih Impor

Walau demikian, baterai ini sudah mendapat garansi hingga 8 tahun, dan kualitasnya sudah dijamin oleh Toyota. Terlebih harga baterai yang sekarang setidaknya sedikit lebih murah jika dibandingkan dengan dulu. Sebagai contoh, Toyota Prius dan Camry memiliki baterai dengan banderol Rp 60 juta, jauh lebih mahal dari harganya sekarang.

Memang baterainya masih diimpor, begitupun dengan kedua mesin pada Kijang Innova Zenix. Jadi jangan heran mengapa TKDN (tingkat kandungan dalam negeri) untuk mobil MPV ini masih cukup rendah dari model lamanya. Toyota belum memiliki rencana untuk memproduksi mesin barunya, karena model lawas Kijang Innova masih diproduksi untuk kebutuhan ekspor dan segmen fleet.

Mungkin untuk sekarang Toyota fokus untuk menjual model yang sudah ada. Tapi mereka akan mempertimbangkan untuk menjual model ramah lingkungan lainnya dengan harga lebih terjangkau.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Archives