Mobil Listrik Bisa Laris Kalau Harganya Setara Dengan LMPV?

MOBIL RiderTua.com – Mobil listrik sejauh ini masih dijual dengan harga lebih dari Rp 500 jutaan di Indonesia. Padahal untuk bisa mendominasi penjualannya di pasar roda empat, seharusnya bisa dijual dengan harga terjangkau. Mobil listrik sebenarnya bisa dibanderol cukup terjangkau, paling tidak setara dengan harga mobil LMPV. Walau untuk mewujudkannya cukup sulit dengan terbatasnya infrastruktur pendukungnya.

Baca juga: Toyota Bakal Rilis Mobil EV di Indonesia Tahun Ini!

Mobil Listrik Bisa Dijual Dengan Harga Terjangkau

Ketika Hyundai menghadirkan mobil listrik pertamanya di Indonesia, Ioniq Sedan dan Kona EV dijual dengan harga lebih dari Rp 600 jutaan. Banderol tersebut bisa dikatakan jauh lebih mahal dari harganya di luar negeri. Jelas karena kedua mobil ini masih didatangkan langsung dari Korea Selatan, itupun sebelum Ioniq 5 hadir.

Bahkan meskipun sudah dirakit lokal, Ioniq 5 masih dibanderol cukup mahal. Namun pada akhirnya produsen seperti Wuling dan DFSK menghadirkan mobil listrik dengan banderol di bawah Rp 500 jutaan. Model Air ev dan Mini EV dibanderol sekitar Rp 300 jutaan, itupun modelnya cukup kecil.

(Gizmochina)

Bakal Laris Manis

Sebenarnya mobil listrik yang ada di Indonesia bisa saja dibanderol lebih murah dari harganya sekarang. Itupun jika ingin modelnya laris manis terjual di pasar, harganya setidaknya kurang lebih setara dengan mobil low MPV (LMPV). Tapi tentu ini bukan perkara mudah untuk bisa mewujudkannya, karena produsen masih mengalami kendala lainnya.

Baterai terkadang selalu menjadi masalah bagi produsen dalam mematok harga jual mobil listrik. Apalagi di Indonesia masih belum menyediakan pabrik khusus baterai mobil, itupun jika pabrik ini yang dapat memasok baterai untuk semua produsen. Selain itu, keberadaan infrastruktur pendukung yang masih minim juga menjadi penyebab lainnya.

Sejauh ini baru Wuling dan DFSK yang menghadirkan mobil EV dengan harga di bawah Rp 300 jutaan. Tapi ini hanya tinggal menunggu respon dari pasarnya saja.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page