Ertiga Hybrid dan Konvensional, Hanya Beda Mesin?

RiderTua.com – Ertiga Hybrid kini menjadi andalan bagi Suzuki di Indonesia untuk mengembangkan pasarnya lebih jauh lagi. Sehingga kini ada dua varian mesin yang disediakan pada mobil low MPV ini. Ertiga Hybrid sebenarnya tak memiliki banyak perbedaan dengan Ertiga mesin konvensional. Walau yang membedakannya hanya pada teknologi hibridanya.

Baca juga: Suzuki Ignis Belum Bisa Mendapat Varian Hybrid?

Ertiga Hybrid Tak Memiliki Banyak Perbedaan?

Ertiga memang menjadi mobil LMPV pertama yang memiliki varian hybrid di Indonesia, entah itu Diesel Hybrid atau model Hybrid saat ini. Sehingga membuat Suzuki menjadi yang terdepan di kelasnya dalam menghadirkan varian ramah lingkungan. Sebab model seperti Avanza hingga Xpander saja belum mendapatkan varian hibridanya sampai sekarang.

Bersama dengan hadirnya varian Hybrid ini, Suzuki memberikan facelift untuk Ertiga, walau hanya mengubah grille-nya saja. Tapi itu saja sudah cukup untuk memberikan tampilan yang lebih modern jika dibandingkan dengan model pre-facelift. Walau jika melihat dari tampilannya, baik model hybrid maupun konvensional tidak memiliki banyak perbedaan.

(Suzuki Indonesia)

Beda Teknologi

Tapi yang membedakannya yaitu teknologi Smart Hybrid pada Ertiga versi hibrida. Dengan ISG (integrated starter generator) dan baterai lithium-ion, Ertiga dapat menghasilkan emisi lebih minim jika dibandingkan dengan model standarnya. Walau untuk mesin bensinnya tak berbeda jauh dengan mesin biasanya, yaitu K15B.

Selain itu, Ertiga Hybrid membawa upgrade pada tampilannya, dari luar hingga dalam, tapi sisanya masih tak begitu berbeda dengan Ertiga versi konvensional. Tapi tetap saja, teknologi hybrid-nya ini yang membuatnya lebih hemat bahan bakar. Apalagi emisi yang dihasilkannya lebih sedikit jika dibandingkan dengan model biasa.

Ertiga Hybrid kini diproduksi lokal oleh Suzuki, dan mereka berencana untuk merakit baterainya juga. Dengan begitu, harga jualnya diharapkan bisa lebih terjangkau.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page