Toyota Fortuner Khusus Australia Punya Fitur Berbeda?

RiderTua.com – Toyota Fortuner sukses diekspor ke Australia setelah penantian yang cukup lama. Sehingga menjadikan mobil SUV ladder frame tersebut sebagai mobil Toyota rakitan lokal pertama yang diekspor ke Negeri Kangguru. Namun Toyota Fortuner versi Australia memiliki fitur yang berbeda dengan Indonesia. Tentunya ini dilakukan untuk menyesuaikan pasar tujuannya.

Baca juga: Toyota Mendominasi Penjualan Mobil Global Tahun 2021!

Toyota Fortuner Versi Australia Memiliki Fitur Berbeda

Meskipun baru 20 unit Fortuner yang dikirim ke Australia, ini sudah menjadi langkah awal yang bagus untuk memulai ekspor ke negara tersebut. Apalagi Toyota Motor Manufacturing indonesia (TMMI) sudah lama mengincar Australia sebagai negara tujuan ekspor selanjutnya. Dengan pabrik mobil Toyota yang sudah dihentikan produksinya disana, membuka peluang bagi TMMI untuk mengekspor mobil ke Negeri Kangguru.

Di Australia, Fortuner tersedia dalam tiga pilihan trim, yaitu GX, GXL, dan Crusade. Semua varian ini menggendong mesin diesel 1GD-FTV 2.755 cc, yang bertenaga 150 kW dan torsi 500 Nm. Sebenarnya tak banyak perbedaan dengan Fortuner di Indonesia jika melihat pada sisi spek mesinnya.

(AutoFun)

Model Tetap Sama

Yang membuatnya berbeda dari Fortuner versi Indonesia yaitu kelengkapan fitur keselamatannya. Fortuner khusus Australia memiliki fitur keselamatan yang cukup melimpah dan lebih lengkap. Semuanya dikemas dalam Toyota Safety Sense (TSS), yang memiliki fitur seperti blind spot monitor, trailer sway control, cruise control, driver start control, dan masih banyak lagi.

Ada juga fitur berbasis radar pada TSS, sesuatu yang tak dimiliki pada Fortuner di Indonesia. Memang sebagian besar fitur ini bisa ditemukan pada trim tertingginya, tapi masih belum selengkap Fortuner versi Australia. Jadi bisa dikatakan kalau Fortuner khusus Australia lebih unggul pada fiturnya.

Memang penampilan dan mesinnya tak banyak yang berubah, kecuali standar emisinya sudah disesuaikan dengan negara tujuan. Sehingga Fortuner rakitan lokal ini bisa diterima dengan baik di Australia.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives