Honda Tak Lagi Prioritaskan Segmen LMPV?

RiderTua.com – Honda Prospect Motor (HPM) sibuk memenuhi permintaan mobil baru dari konsumen Indonesia. Seperti All New BR-V dan All New HR-V yang baru saja dilepas ke pasar dan sudah dicari-cari oleh banyak orang. Tapi entah mengapa Honda Mobilio tak terpantau mencatatkan penjualan cukup tinggi selama beberapa bulan terakhir. Sebenarnya Honda sudah tak terlalu mementingkan segmen low MPV lagi.

Baca juga: Honda Absen Luncurkan Mobil Baru di IIMS 2022, Tapi…

Honda Mobilio Tak Terlalu Bagus Penjualannya?

Segmen mobil SUV memang cukup menggiurkan bagi produsen mobil saat ini. Terlebih trennya masih bisa bertahan ditengah kondisi pasar roda empat yang belum sepenuhnya memulih. Tapi tetap saja ada konsumen yang masih tertarik untuk membeli model SUV, entah itu model low hingga premium SUV.

Sementara itu, di Indonesia segmen MPV tetap mendapatkan banyak peminatnya disini. Sejumlah model juga sudah disegarkan atau dirombak, seperti All New Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander Facelift. Tapi dari sekian model yang ada, Mobilio menjadi satu-satunya LMPV yang belum disegarkan.

(Honda Indonesia)

SUV Lebih Menjanjikan

Padahal Mobilio ‘bertanding’ di segmen LMPV, segmen yang dikenal akan persaingannya yang cukup ketat. Seharusnya model ini sudah harus disegarkan karena sudah waktunya, tapi Honda memilih untuk tak melakukannya. Bahkan kini mereka tak terlalu mementingkan segmen LMPV.

Entah apakah Honda sudah tahu kalau Mobilio tak bisa lagi bersaing di kelasnya atau memang karena segmen SUV yang lebih menjanjikan. Yang jelas, karena Mobilio sudah tak sepopuler dulu, Honda mengalihkan perhatiannya pada model lainnya. Model yang dimaksud yaitu HR-V dan BR-V, dimana keduanya mendapat banyak permintaan dari konsumen.

Mungkin ini menjelaskan kenapa produksi Mobilio beberapa waktu lalu sempat terganggu. Karena terjadinya krisis chip semi-konduktor, Honda harus ‘mengorbankan’ produksi Mobilio agar bisa merakit model BR-V, HR-V, atau Brio untuk memenuhi permintaan.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives