Toyota Kurangi Kapasitas Produksi Mobilnya (Lagi)

RiderTua.com – Toyota masih menjadi merek mobil terlaris di pasar global pada tahun lalu. Tapi tentu untuk bisa mencapainya bukanlah perkara mudah, karena produksi mobilnya sempat terganggu. Lagi-lagi Toyota harus memangkas produksi mobilnya akibat adanya krisis chip semi-konduktor. Tak hanya krisis chip, tetapi juga kondisi pasar yang belum sepenuhnya memulih.

Baca juga: Toyota Ingin Perluas Lini Mobil EV, Termasuk Lexus

Toyota Pangkas Produksi Mobilnya Karena Krisis Chip

Mungkin kedengarannya tak terlalu mengejutkan, sebab Toyota sudah pernah melakukan hal serupa sebelumnya. Tapi jika terjadi lebih dari sekali, tentu ada yang tidak beres dengan keadaan pasar roda empat saat ini. Sebab krisis chip semi-konduktor makin memperparah proses produksi mobil di seluruh dunia.

Toyota merasakan dampak serius dari adanya krisis chip ini, apalagi ditambah dengan keadaan pasar yang kurang menentu. Sehingga mereka harus memangkas produksi mobilnya beberapa kali sejak krisis tersebut terjadi. Kini mereka akan kembali melakukannya, bahkan dalam skala besar jika dibandingkan dengan sebelumnya.

(Toyota Astra Motor)

Berpengaruh ke Penjualan?

Rencananya mereka akan memangkas 150 ribu unit mobil dari kapasitas produksi maksimal sebanyak 900 ribu unit di Jepang. Padahal Toyota paling rajin memproduksi banyak mobil disana, tapi karena keadaan yang terjadi membuat Toyota tak bisa berbuat apapun. Mereka harus melakukan ini agar bisa mengatasi terbatasnya stok chip semi-konduktor.

Pabrik yang akan dipangkas produksinya merupakan tempat produksinya Corolla Sport dan Camry, serta pabrik produksi mobil Lexus. Mungkin dampaknya takkan terlalu terasa bagi pasar ekspor, namun ini akan memperlambat proses pengiriman unitnya. Tentu ini akan berdampak pada antrian inden yang lebih lama lagi.

Kemungkinan Indonesia juga akan mengalami dampak dari pemangkasan produksi ini, sebab Lexus NX diproduksi di pabrik tersebut. Model ini baru dikenalkan beberapa waktu lalu, lengkap dengan varian PHEV (plug-in hybrid)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives