Aprilia SR 160, Rivalnya Honda Vario 160?

RiderTua.com – Aprilia SR 160, mungkin terdengar seperti nama yang masih cukup asing. Memang karena motor matik ini baru dijual di India dan menjadi produk skutik dari merek asal Italia tersebut. Aprilia SR 160 disebut-sebut sebagai rival yang setara bagi Vario 160. Dengan sejumlah keunggulan yang dimilikinya, skutik ini dijual dengan harga terjangkau.

Baca juga: Aprilia SR GT, Lawan Baru Honda ADV!

Aprilia SR 160 Sebagai Rivalnya Vario 160

Sebenarnya Aprilia juga masih memiliki model skutik SR lainnya yang dijual, yaitu SR GT. Hanya saja yang membedakannya dengan SR 160 jelas dari modelnya, dimana SR GT lebih menonjolkan kesan sporty-nya. Sedangkan SR 160 lebih ke arah skutik pada umumnya, tapi dengan livery yang keren.

Tak seperti skutik kebanyakan, lampu sein pada SR 160 dibuat terpisah dari lampu utama dan disematkan di bagian depan setang. Pelek 14 inci yang disematkannya juga cukup keren, apalagi dengan warna yang beragam sesuai dengan pilihan livery motornya. Tentu ini menjadikan SR 160 sebagai skutik yang sporty tapi tetap nyaman dikendarai.

(Autocar India)

Skutik Sporty

Mesin 160 cc 3V Tech FI dapat menghasilkan tenaga sebesar 11 ps dan torsi 11,6 Nm. Sistem pengeremannya mengandalkan rem cakram depan dan rem tromol belakang, terlihat lebih sederhana dari yang diduga. Bahkan suspensinya juga masih teleskopik dan monoshock, masing-masing untuk suspensi depan dan belakang.

Kemudian panel instrumennya ternyata cukup sederhana karena bukan berupa panel instrumen digital. Memang namanya motor seharga Rp 20,9 juta tentu tak banyak fitur yang diberikan pada SR 160. Harga tersebut sudah jauh lebih murah ketimbang Vario 160, yang memiliki lebih banyak fitur canggih.

Sejauh ini Aprilia masih menjual sejumlah motor bergaya sport di Indonesia, dan mereka belum tertarik menjajal segmen skutik. Padahal motor matik menjadi motor favorit konsumen Tanah Air, dengan Honda dan Yamaha menjadi pemain utama di segmen ini.

Related Articles

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives