Vinales Ingin Jadi yang Pertama Menang dengan 3 Merek Berbeda

RiderTua.com – Vinales ingin jadi yang pertama rengkuh kemenangan bersama 3 merek berbeda di MotoGP modern 4 tak… Di musim 2022 ini, Maverick Vinales ingin mencapai apa yang belum diraih pembalap sekelas Valentino Rossi, Max Biaggi atau pun Casey Stoner. Rider Aprilia itu bisa dan berpeluang menjadi pembalap MotoGP pertama yang menang di 3 merek berbeda. Saat peluncuran tim beberapa saat yang lalu, Vinales dengan tegas menyatakan targetnya untuk musim 2022. “Saya ingin membawa Aprilia ke puncak Kejuaraan Dunia MotoGP dan menjadi pembalap pertama sejak awal era MotoGP 4-tak yang memenangkan Grand Prix dengan 3 merek berbeda,” tegas pembalap berusia 27 tahun itu.

Vinales Ingin Jadi yang Pertama Menang dengan 3 Merek Berbeda

Sebagai pengingat, pada tahun 2016 Vinales menang di GP Silverstone untuk Suzuki di GSX-RR dengan mesin in-line baru. Kemudian mengklaim 8 kemenangan MotoGP setelah 4,5 tahun dengan Yamaha, dan menandatangani kontrak dengan pabrikan Aprilia di musim panas 2021.

Di era MotoGP 4-tak yang dimulai pada 2012 (kemudian dengan 990cc mulai 2007 hingga akhir 2011 dengan 800cc, sejak itu dengan 1000cc), Valentino Rossi menang dengan menunggangi Honda dan Yamaha, Max Biaggi menang di atas Yamaha dan Honda, Casey Stoner menang di atas Ducati dan Honda, Andrea Dovizioso di Honda dan Ducati, Jorge Lorenzo di Yamaha dan Ducati, Maverick Vinales di Suzuki dan Yamaha, Jack Miller di Honda dan Ducati.

Namun belum ada yang sukses pada tiga merek berbeda di era MotoGP.

Di kelas utama, yang berlangsung sebagai kategori 500cc dari tahun 1949 hingga akhir 2001, hanya Mike Hailwood (Norton, MV dan Honda), Eddie Lawson (Yamaha, Honda, dan Cagiva), Randy Mamola (Suzuki, Yamaha dan Honda) dan Loris Capirossi (Yamaha, Honda, Ducati) yang berhasil menang dengan 3 merek berbeda. Bahkan Juara Dunia Geoff Duke hanya menang di dua merek yakni di Gilera dan Norton.

Related Articles

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives