Indonesia Catatkan Penjualan Sepeda Motor Tertinggi di ASEAN!

RiderTua.com – Tahun lalu penjualan sepeda motor di Indonesia tembus hingga 5 juta unit. Angka yang cukup bagus jika dibandingkan dengan tahun 2020 yang hanya mencapai sekitar 3 juta unit saja. Yang mengejutkannya, ternyata penjualan motor di Tanah Air menjadi yang tertinggi di kawasan Asia Tenggara. Negara seperti Thailand dan Filipina hanya bisa menjual hingga satu juta unit.

Baca juga: Kawasaki dan Kondisi Penjualan Sepeda Motor di Awal Tahun

Penjualan Motor di Indonesia Tertinggi di Asia Tenggara

Hasil penjualan sepeda motor di Tanah Air pada 2021 lalu sudah lebih baik dari tahun sebelumnya. Dengan kondisi pasar yang sudah mulai membaik, membuat banyak konsumen mulai mencari-cari motor baru. Walaupun produsen roda dua berada ditengah krisis komponen yang berpotensi menganggu produksi dan penjualannya.

Total penjualan di Tanah Air ini tak hanya menjadi yang terbaik sejak tahun 2020, tetapi juga di kawasan ASEAN. Dari data yang dikumpulkan oleh ASEAN Automotive Federation (AFF), Thailand yang berada di posisi kedua hanya bisa menjual 1.606.481 unit. Tapi hasil ini meningkat tipis jika dibandingkan dari tahun sebelumnya.

(Otomotif – Bisnis.com)

Motor Baru

Negara lainnya, Filipina, mencatatkan penjualan roda dua hingga 1.435.677 unit, meningkat 19 persen dari tahun lalu. Kemudian Malaysia berada di posisi keempat dengan hasil penjualan sepeda motor mencapai 497.262 unit pada tahun 2021. Terakhir ada Singapura yang hanya menjual 11.428 unit saja.

Memang Singapura mencatatkan penjualan yang jauh lebih kecil ketimbang negara lainnya, sepertinya karena adanya regulasi pembatasan jumlah kendaraan disana. Thailand biasanya menjadi lokasi dimana motor baru dirilis sebelum disebar ke negara lain. Tapi cukup mengejutkan sebab penjualannya masih dibawah Indonesia. Keadaan pasar di masing-masing negara tentu berbeda satu sama lain, dan dapat mempengaruhi hasil penjualannya.

Indonesia sendiri masih dapat menjual banyak motor karena didukung oleh keadaan pasar yang mulai kondusif. Sehingga AISI menargetkan bisa menjual lebih dari itu pada tahun ini.

Related Articles

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives