Aleix Pilih Jadi Presiden FIM atau Stewards?

RiderTua.com – Aleix Espargaro adalah pembalap yang sangat kritis jika menyangkut masalah keselamatan balap. Dia bukan tipe orang yang ‘mengomel dibelakang’. Tak hanya sekedar mengkritik, pembalap berusia 32 tahun itu juga memberikan saran yang membangun. Misalnya, tahun lalu Aleix pernah menelpon langsung Bos Dorna Carlos Ezpeleta selama 1 jam. Papa si kembar Max dan Mia itu menyarankan sejumlah langkah penting untuk meningkatkan keselamatan dalam balapan. Ketika Aleix Espargaro ditanya, sebenarnya dia lebih suka menjadi Presiden FIM atau Ketua Panel Stewards FIM MotoGP yang bertanggung jawab untuk menjatuhkan hukuman? Sekedar informasi, sejauh ini Aleix tak pernah setuju dengan semua keputusan yang sedang diambil Freddie Spencer.

Aleix Espargaro Pilih Jadi Presiden FIM atau Stewards?

Untuk itulah, pembalap pabrikan Aprilia itu tidak ingin berada di posisi Freddie Spencer sebagai ketua FIM MotoGP Stewards Panel. Jika berandai-andai, peran apa yang cocok untuk Aleix?

“No, tidak juga, tidak. Ini sangat sulit. Saya sebagai pembalap tahu betapa kerasnya kami mendorong mereka untuk membuat segalanya lebih baik dan saya tahu itu tidak mudah bagi mereka, terutama para stewards. Mereka memiliki pekerjaan yang sangat sulit.” ujar Espargaro menepis.

“Saya menyukai peran Loris Capirossi, yang menjaga para pembalap sebagai ‘penasihat keselamatan’ dan memperbaiki trek. Saya pikir Loris dan Dorna melakukan pekerjaan yang fantastis. Mungkin itu akan menjadi sesuatu bagi saya,” kata Aleix kepada juara dunia tiga kali itu yang kini bekerja untuk Dorna sebagai petugas keselamatan.

Pada usia 32 tahun, Aleix Espargaro adalah pembalap tertua kedua di lintasan MotoGP pada tahun 2022. Dia membiarkan pertanyaan tetap terbuka, apakah dia akan terus membalap setelah musim mendatang. Apakah terbersit dalam bayangan Aleix, dia akan bekerja sebagai pelatih balap di masa depan?

“Pekerjaaan itu tidak buruk. Tapi itu juga sangat sulit. Kami bekerja dengan Matteo Baiocco (tes rider Aprilia), terkadang dia memberi tahu saya banyak hal dan ketika saya mencobanya di trek, saya selalu meningkat. Saya selalu berkata, ‘Bagaimana Anda bisa melihatnya.’ Saya melihat kelas lain atau kejuaraan Spanyol di trek dan saya tidak bisa melihat apa yang dia lihat. Ini jelas bukan pekerjaan mudah,” pungkas Aleix Espargaro.

Related Articles

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives