Kontribusi WithU di RNF ‘Hanya’ 42 Persen

RiderTua.com – Pada pertengahan musim 2021, secara mengejutkan Petronas menarik diri sebagai sponsor utama tim satelit Yamaha SRT Racing milik Razlan Razali. Kemudian datanglah bos WithU Matteo Ballerin yang tak ragu-ragu ingin membiayai tim yang kini bernama WithU RNF Racing itu, dengan duo pembalap Andrea Dovizioso dan rookie Darryn Binder untuk 2022. Untuk diketahui, perusahaan energi asal Italia itu telah menjadi sponsor dalam olahraga balap motor selama beberapa tahun. Baru-baru ini, Chief Executive Officer (CEO) WithU yang sejauh ini jarang tampil di depan umum itu mengungkapkan alasan dibalik keterlibatannya di dunia balap motor. Tim WithU Yamaha RNF membutuhkan anggaran tahunan sebesar 12 hingga 13 juta euro (Rp 195-211 miliar). “Kontribusi kami di bawah 5 juta (Rp 81 miliar),” ungkap Matteo Ballerin.

Kontribusi WithU di RNF ‘Hanya’ 42 Persen

WithU berkembang dan sukses dengan model bisnis yang menarik. Perusahaan di bawah payung perusahaan induk ‘Europe Energy’ itu menawarkan empat produk kepada pelanggan dalam satu APP yakni listrik, gas, telepon seluler, dan internet. “Ini semua untuk kebutuhan sehari-hari. Pelanggan kami hanya mendapatkan satu tagihan per bulan untuk keempat produk, jadi kami membuat hidup mereka lebih mudah,” jelas Matteo Ballerin.

“Dengan APP kami, kita dapat menyelesaikan semua masalah di empat bidang ini. Kami berada di pasar multi-vendor dan tidak mudah bagi konsumen untuk memahami apakah mereka menghemat uang atau tidak. Sulit bagi pelanggan untuk memahami biaya pedagang listrik, dan serupa dalam bisnis telepon seluler. Kita bisa mendapatkan 1000 penawaran berbeda. Saya membantu pelanggan menghemat uang. Lebih penting lagi, saya membantu pelanggan menghemat waktu dan membuat hidup mereka lebih mudah. Itu sebabnya kami memulai WithU.”

WithU menggunakan platform MotoGP untuk meningkatkan kesadaran karena perusahaan (menawarkan listrik, gas, internet, dan seluler) ingin berkembang lebih jauh. WithU telah lama aktif di negara-negara di luar Italia. Di Slovenia, Rumania. Selain itu, ada kepemilikan minoritas di perusahaan-perusahaan di Serbia, Kroasia, Montenegro dan Albania.

Ballerin menambahkan, “Saya membeli saham mayoritas di perusahaan-perusahaan ini. Tetapi ide bisnis utamanya adalah menjalankan proyek Eropa. Dalam 5 tahun ke depan kami ingin berekspansi ke negara lain, termasuk Austria, Jerman dan Prancis. Kami juga akan menawarkan layanan yang berbeda di negara yang berbeda. Tetapi kami memiliki gagasan tentang grup perusahaan pan-Eropa. Itu sebabnya kami tidak memilih olahraga lokal di Italia untuk mempromosikan merek kami, melainkan Kejuaraan Dunia MotoGP yang diakui di seluruh dunia.”

Sejauh ini, Matteo Ballerin adalah pemilik 100 persen perusahaan, tetapi itu bisa berubah di masa mendatang.

Ballerin menjelaskan, “Mungkin kita akan go public atau kita mencari investor. Karena bidang usaha kita semakin besar. Situasi keuangan tidak mudah dengan ekspansi yang kuat. Karena secara teknis saya membeli energi hari ini, saya membuatnya tersedia untuk pelanggan saya besok. Tetapi mereka hanya membayar beberapa saat kemudian. Untuk memastikan arus kas, saya membutuhkan bank untuk pembiayaan interim. Hasil ekonomi kami bagus, tetapi bank Italia memiliki batasan yang ketat. Jika saya ingin melampaui batas ini, saya harus go public atau mencari patner.”

WithU tidak menghasilkan energi senidiri, tetapi perusahaan yang memperdagangkannya. Ballerin melanjutkan, “Saya membeli energi dan menjualnya. Saya berbelanja di mana-mana. Kami mengelola lebih dari 80 pembangkit listrik berbeda yang menghasilkan energi terbarukan. Pada saat yang sama, saya adalah salah satu pembeli terbesar energi nuklir Swiss. Di Austria, saya bekerja sama dengan Verbund AG, serta dengan Salzburg AG untuk energi.”

Tim WithU Yamaha RNF diperkirakan butuh anggaran tahunan sebesar 12 hingga 13 juta euro (Rp 195-211 miliar). “Kontribusi kami di bawah 5 juta (Rp 81 miliar),” ungkap Matteo Ballerin.

Related Articles

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives