Stoner: Kurangi Elektronik, Rossi: Ini MotoGP Modern

RiderTua.com – Casey Stoner inginkan agar motor MotoGP sekarang lebih sulit untuk dikendarai.. Menurut Stoner elektronik membuat motor berperilaku mirip, semua motor keluar dari tikungan dengan cara yang sangat mirip, “Semua pembalap sama dalam cara mereka berkendara. Dari sisi elektronik harus ada pengurangan besar-besaran,” kata Stoner.. Sementara Valentino Rossi antara setuju dan tidak, berujar, “Saya setuju dengan Casey, tetapi ini adalah MotoGP modern. Saya pikir selama bertahun-tahun Dorna dan semua orang telah bekerja keras (mis: dengan ECU) agar seimbang antara motor pabrikan dan satelit, dan mereka berhasil,” kata Rossi..

Casey Stoner menyayangkan kelas MotoGP yang kini menjadi sangat homogen dan terlalu permisif (bebas) bagi para pembalap. Dia juga mengkritik regulasi teknis saat ini terutama aerodinamika, “Sejujurnya, saya akan senang jika memiliki suara dalam regulasi teknis.. Tentu (pendapat saya) kontroversial, tapi saya pikir ada hal-hal yang tidak perlu ada, yang pasti tidak ada hubungannya dengan keamanan dan yang menaikkan biaya pengembangan dan yang lainnya. Kami mencoba membuat segalanya lebih menguntungkan, ketika salah satu elemen yang kita miliki sekarang praktis di Formula 1 dan biayanya meroket. Saya berharap beberapa bagian hilang,” kata pembalap Australia itu ketika ditanya pendapatnya tentang MotoGP saat ini.

“Dari sisi elektronik juga harus ada pengurangan besar-besaran.. Saya percaya ECU tunggal sudah lebih baik dari tahun sebelumnya, itu bukan langkah mundur yang semua orang pikirkan. Tapi saya pikir kita benar-benar harus kembali (mengurangi),” katanya.

Casey Stoner melanjutkan, “Elektronik telah memberikan medan yang lebih homogen di antara motor. Jadi kami tidak memiliki pembalap yang memiliki tantangan dapat menjaga keawetan ban atau menemukan lebih banyak grip. Semua motor keluar dari tikungan dengan cara yang sangat mirip, mereka sebanding dalam cara mereka berkendara.”

Valentino Rossi antara Setuju dan Tidak

Valentino Rossi, salah satu dari sedikit pembalap yang mengalami era yang sama dengan Casey Stoner mengatakan, “Itu salah satu hal yang paling berubah sejak zaman Casey sepuluh tahun lalu.. Dengan elektronik, motor banyak membantu semua pembalap untuk lebih konsisten. Pembalap juga lebih siap untuk semua balapan dan di MotoGP saya yakin semua orang adalah Juara Dunia.”

“Saya setuju dengan Casey, tetapi ini adalah MotoGP modern. Saya pikir selama bertahun-tahun Dorna dan semua orang telah bekerja keras untuk memiliki kondisi persaingan di grid yang sangat seimbang, untuk mengurangi perbedaan antara motor pabrikan dan satelit. Saya berpikir mereka berhasil yang baik dalam hal itu (membuat pertarungan seru).”

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives