Tesla Siap Terapkan Teknologi Otonom Level 4!

RiderTua.com – Berbicara soal teknologi otonom pada mobil, boleh dibilang Tesla menjadi juaranya. Meskipun fitur canggih ini sempat diperdebatkan keselamatannya, tapi fitur ini sudah membantu penggunanya saat berkendara. Kabarnya Tesla bakal menerapkan level lebih tinggi pada teknologi otonomnya. Meski belum sampai ke level maksimal, setidaknya Tesla sudah selangkah lebih maju dalam teknologi ini.

Baca juga: Tesla Kantongi 1,3 Juta Unit Inden Cybertruck!

Tesla akan Hadirkan Teknologi Otonom Level 4

Mungkin ada yang menganggap kalau level 4 menjadi level maksimal pada suatu teknologi otonom. Sebenarnya teknologi ini memiliki enam tingkatan, dan Tesla akan mencapai level selanjutny, dari level 3 ke level 4. Hanya tinggal dua tingkatan lagi hingga mereka bisa mencapai level maksimal, yaitu level 6.

Teknologi otonom memungkinkan penggunanya tak melakukan pengereman, akselerasi, bahkan mengemudi tanpa memegang setir kemudi. Hanya saja sebagian fitur ini masih mengandalkan fitur bawaan lainnya seperti adaptive cruise control dan lane centering. Tapi itu saja sudah cukup untuk memberikan teknologi berkendara tanpa memegang setir.

(Autoweek)

Bukan yang Tertinggi

Level 4 memang masih belum menjadi level tertinggi pada teknologi mobil otonom, tapi ini akan menjadi awal yang bagus bagi Tesla. Apalagi mereka akan menghadirkannya mulai tahun ini juga, dan itu akan memberikan peluang bagi mereka untuk melangkah lebih jauh lagi. Termasuk dalam upaya mengurangi tingkat kecelakaan akibat teknologi otonomnya tersebut.

Sebenarnya sebagian kecelakaan yang melibatkan teknologi otonom ini disebabkan oleh kesalahan penggunanya sendiri. Oleh karena itulah, Tesla berupaya untuk menghadirkan teknologi yang lebih aman dan pastinya bisa dioperasikan dengan mudah. Tapi dengan banyaknya catatan tersebut, pengembangan teknologi level 4 ini harus diawasi oleh pihak regulator.

Sejauh ini hanya ada segelintir mobil yang memiliki teknologi otonom level 3 di seluruh dunia, contohnya Acura RLX. Tesla akan terus berinovasi dalam mengembangkan teknologi ini agar menjadi yang terdepan dalam menghadirkan teknologi otonom untuk mobil.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives