Toyota-Daihatsu Gandeng Suzuki, Siap Kembangkan Sportcar!

RiderTua.com – Di India, kerja sama antara Toyota dengan Suzuki bukanlah menjadi sesuatu yang mengejutkan. Apalagi mereka sudah mengeluarkan berbagai produk hasil rebadge seperti Across dan Rumion. Tapi ternyata Toyota dan Suzuki kembali melakukan kerja sama, dan kali ini Daihatsu bergabung dalam ‘aliansi’ tersebut. Kerja sama ini dilakukan untuk mengembangkan mobil sport alias sportcar.

Baca juga: Toyota Pastikan Produksi Avanza-Veloz Aman Dari Krisis Chip

Toyota-Suzuki Kembali Kerja Sama, Kini Bersama Daihatsu

Toyota dan Suzuki sudah lama melakukan ‘sharing platform’ dalam model kembar seperti contoh paling gampang yaitu Baleno dan Glanza serta Ertiga-Rumion. Tapi itu saja belum cukup, dan mereka mulai merencanakan untuk melakukan ‘kolaborasi’ lebih besar lagi. Oleh karena itulah mereka mengajak Daihatsu untuk bekerja sama.

Kali ini ketiga produsen asal Jepang tersebut akan menghadirkan model sport atau sportcar. Mungkin apa yang dilakukan Toyota kali ini berbeda dari sebelumnya, karena mereka sempat bekerja sama dengan Subaru dan BMW untuk menghadirkan 86 dan Supra ‘reborn’. Sepertinya mereka ingin menggandeng produsen lainnya agar bisa berbagi pengalaman dalam membuat mobil sport.

(Autofun)

Mobil Sport

Namun tak seperti sebelumnya, sportcar yang satu ini akan ditujukan untuk pasar entry level. Artinya jelas kalau model ini bakal dibanderol lebih terjangkau ketimbang Supra atau 86. Mungkin Toyota bisa belajar dari Daihatsu yang sudah memiliki model sportcar Copen, yang berupa mobil mungil beratap convertible.

Ketiganya juga bisa saling berbagi teknologi mobil serta mesin, contohnya teknologi pengurangan bobot mobil dari Suzuki. Dengan ini, maka sportcar bisa melaju lebih kencang tanpa harus mengkhawatirkan bobotnya. Suzuki juga yang akan mengembangkan mesinnya, yaitu mesin 1.000 cc, sedikit lebih besar dari mesin Copen saat ini.

Entah kapan produk hasil kerja sama ini akan dirilis, tapi Toyota menjanjikan varian GR layaknya model Toyota lainnya. Bisa jadi model tersebut bakal di-rebadge oleh Suzuki dan Daihatsu.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page