Leitner: Ducati Jos, Honda-Suzuki-KTM Tak Konsisten

RiderTua.com – Menilik hasil musim 2021, mantan manajer balap KTM Mike Leitner mengatakan, “Ducati motor paling seimbang, Yamaha, hanya Fabio yang mendominasi. Honda dan Suzuki sama seperti KTM kurang konsisten…” katanya.. Tidak seperti pendahulunya, Francesco Guidotti selaku manajer balap KTM yang baru tidak akan lagi bertanggung jawab atas tim Tech3. “Pemilik tim Tech3 Herve Poncharal memimpin timnya sesuai dengan ide-idenya. Tentu saja kami di KTM memastikan bahwa ada motor yang kompetitif di pit dan tim satelit diberikan dukungan teknis terbaik (5 teknisi pabrikan KTM ditugaskan di Tech3). Itu bekerja dengan sangat baik pada tahun 2020 di tahun kedua tim Tech3. Kalau tidak, Miguel Oliveira tidak akan bisa memenangkan 2 balapan pada tahun 2020,” ujar Leitner.

Leitner: Ducati Jos, Honda-Suzuki-KTM Tak Konsiten

“Saya memastikan 5 teknisi KTM ditugaskan di Tech3. Saya selalu memiliki hubungan yang baik dengan Herve Poncharal. Tidak pernah ada masalah. Saya tidak punya masalah dengan siapa pun di KTM,” tegas Leitner.

Mike Leitner
Mike Leitner

Sebelumnya, Direktur Motorsport Pit Beirer menyebut ‘bencana’ setelah melakoni awal musim yang gagal di GP Qatar. “Tentu saja, hilangnya hak konsesi setelah musim 2020 adalah perubahan yang menentukan untuk operasi balap kami. Itu jelas. Kita juga telah melihatnya dengan pabrikan lain,” tekan Leitner.

Leitner menjelaskan, “Jika pabrikan dengan struktur tertentu telah terlibat dalam balap MotoGP selama 15 tahun, maka semua orang yang terlibat tahu apa artinya hilangnya ‘konsesi’. Di pabrik kami, butuh beberapa waktu bagi semua orang untuk memahami apa arti sebenarnya dari tindakan baru ini. Tanpa ‘konsesi’ jauh lebih sulit untuk mengembangkan motor lebih jauh. Kami memperhatikan itu di balapan awal di Qatar.”

“Pada tahun 2021 terlihat bahwa, hampir tidak ada pabrikan yang mencapai stabilitas di semua 18 balapan. Sangat-sangat sulit untuk konsisten. Ducati membuat lompatan ke depan di sepertiga terakhir musim ini. Tapi Ducati memiliki lebih banyak pembalap, dengan mereka orang lain selalu cepat. Suzuki memiliki motor yang sangat bagus, mereka juga punya pembalap yang sangat bagus. Meski demikian, mereka tidak memenangkan balapan pada 2021.”

Bahkan di Yamaha, semua pembalap selain juara dunia Fabio Quartararo gagal memenuhi ekspektasi tahun ini. Vinales, Morbidelli, Rossi, pembalap pengganti Crutchlow dan terakhir Dovizioso.

Leitner mengatakan, “Secara keseluruhan, harus dikatakan dengan jelas bahwa Ducati adalah motor paling seimbang sepanjang musim dan juga untuk beberapa pembalapnya. Di Yamaha, hanya Fabio yang mendominasi. Honda dan Suzuki sama seperti kami, segalanya berjalan naik turun. Begitu banyak hal kecil yang harus dilakukan di kelas utama pada hari Minggu, jika kita ingin memberikan hasil yang diinginkan. Ini adalah kelas utama, tidak semudah itu. “

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page

%d bloggers like this: