GR Yaris Kini Andalkan Tenaga Hidrogen

RiderTua.com – Saat ini GR Yaris sudah dijual di sejumlah negara, termasuk Indonesia. Tapi nampaknya Toyota masih belum puas dengan performa yang ditawarkannya dan mulai melakukan sesuatu yang berbeda. Mereka mengenalkan GR Yaris yang hanya mengandalkan hidrogen fuel cell. Sehingga mobil hot hatch ini bisa lebih ramah lingkungan karena tak menghasilkan emisi.

Baca juga: Toyota Siapkan GR Corolla Hatchback?

Toyota Kenalkan GR Yaris Hidrogen Fuel Cell

Mungkin kedengarannya seperti sebuah inovasi yang sangat bagus, mengingat GR Yaris adalah mobil berperforma tinggi. Meski sebenarnya ini bukan pertama kalinya Toyota mengembangakannya untuk mobil sport. Mereka pernah membuat prototype varian hidrogen fuel cell untuk Corolla Sport, bahkan pernah dibuktikan di ajang balapan di Jepang.

Tapi entah mengapa sejak saat itu Toyota tak juga menghadirkannya untuk dijual ke publik. Malah mereka menghadirkan GR Yaris bertenaga hidrogen, walau setidaknya mereka bisa menghadirkan mobil sport fuel cell. Sebab selama ini mobil hidrogen yang dimiliki Toyota hanyalah Mirai yang berupa sedan.

(Motor1)

Lebih Ramah Lingkungan

Mesin 1.600 cc 3 silinder inline turbocharged yang digendongnya kini dipadu dengan sistem injeksi dan bahan bakar terbaru. Dengan ini sistem tersebut bisa mengandalkan tenaga dari hidrogen fuel cell, bukan bensin lagi. Hasilnya, emisi yang dihasilkan lebih minim sehingga model ini lebih ramah lingkungan ketimbang model konvensionalnya.

Tapi karena model ini masih berupa prototype, maka Toyota belum siap untuk menjualnya di pasar. Mereka terus melakukan sejumlah pengembangan dan penyempurnaan lainnya agar model ini bisa lebih stabil dalam menghasilkan performa optimal. Memang yang namanya GR Yaris sudah jelas model ini memiliki performa tinggi.

Ke depannya, Toyota berharap bisa menerapkan teknologi hidrogen fuel cell ini untuk semua jenis mobil. Jadi tak hanya sebatas sedan saja, bahkan hot hatch seperti GR Yaris bisa menggendong mesin hidrogen.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page