Di Ujung Tanduk: MotoGP 2023 Rins Tidak Aman?

RiderTua.com – Kontrak Alex Rins akan berakhir pada 2022 dan tahun depan akan menjadi musim yang menentukan bagi semua pembalap untuk perpanjangan kontraknya.. Ada beberapa yang tidak aman, termasuk Alex Rins yang mengalami kesulitan sepanjang tahun 2021. Jika dia bisa membuktikan mulai Qatar 2022 bahwa yang ‘salah’ adalah paketnya, dia akan aman. Namun jika tren-nya sama dan cenderung sering crash mungkin Suzuki akan berfikir ulang untuk memperpanjang kontraknya.. Yang masih aman adalah Marquez (2024), Morbidelli (2023), Binder (2024).. (Artikel ini bukan untuk narasi konten Youtube..!)

Alex Rins adalah bagian dari kelompok pembalap yang sangat kecewa dengan hasil musim 2021 sehingga mereka harus meyakinkan timnya bisa sangat cepat pada tahun 2022. Jika kelompok pembalap ini tidak berkembang menjadi lebih baik bisa fatal dan menuju ‘jurang maut’ pemutusan kontrak. Rekan setim Joan Mir sangat menyadari hal ini, tetapi jika dievaluasi dan dibandingkan dengan Joan Mir dengan skor 6/10, menandakan bahwa dia bukan satu-satunya yang bermasalah di Suzuki… (Artikel ini bukan untuk narasi konten Youtube..!)

Alex Rins berada di antara mereka yang banyak kita tunggu penampilannya pada tahun 2022. Namun melihat report-nya, dia bukan tanpa masalah..

  • Peringkat ke-13 dunia di musim 2021, kehilangan sepuluh posisi, dibandingkan dengan tahun 2020.
  • Mencetak satu podium (P-2, GP Silverstone), tahun sebelumnya 4 kali podium.
  • Tapi apa yang membuatnya sangat rapuh adalah nol poin yang berulang, tepatnya enam kali.
  • Grafiknya menurun tajam: pada 2018 (peringkat-5), pada 2019 (peringkat ke-4), pada 2020 (peringkat ke-3), tahun ini peringkat ke-13 !

Setidaknya, Alex Rins menyadari bahwa perlu untuk mengelola secara mental fase yang melemahkan motivasinya ini… “Sebenarnya ini adalah tahun yang sangat sulit, tahun yang kami awali dengan harapan besar.. Dua balapan pertama di Qatar tidak buruk sama sekali dan kami tiba dengan sangat kuat di Portimao, bertarung dengan Quartararo. Tapi itu sangat sulit, karena saya terjatuh dan dari sana saya mendapatkan masalah di empat balapan berturut-turut. Itu tidak mudah, karena saya merasa sangat kuat, dengan banyak kecepatan, tetapi setelah itu kami tidak bisa menyelesaikan balapan”.

Apakah Paketnya yang Tidak Kompetitif?

Apakah motor Suzuki tidak memungkinkan untuk bersaing dengan Ducati..  “Suka atau tidak, Saya pikir motornya tidak pada level yang seharusnya atau saya tidak tahu bagaimana mengendarainya dengan cara terbaik untuk bisa menjadi cepat. Tapi memang benar ada sedikit perbedaan dengan yang lain. Saya tidak tahu apakah yang lain telah meningkat jauh lebih banyak daripada kami, karena kami juga tidak memiliki motor yang sama seperti tahun lalu dan kami telah sedikit meningkat, tetapi mungkin yang lain telah meningkat lebih banyak,” katanya .

Pengaruh Brivio?

Motor adalah satu hal. Tapi Alex Rins juga menggarisbawahi kelemahan dalam organisasi yang mempengaruhi banyak dalam proses pengambilan keputusan di Suzuki… “Pada awalnya saya pikir tidak ada yang hilang, tetapi seiring berjalannya waktu dan hal-hal yang Anda lihat di dalam tim, itu memang benar sosok orang yang bertanggung jawab ini, yang tahu bagaimana mengelolanya, hilang. Saya tidak menyalahkan siapa pun dan saya tidak mengatakan bahwa Suzuki salah, karena sangat sulit untuk menangani semua ini oleh orang luar, tetapi tidak memiliki sosok direktur olahraga ”.

Alex Rins menyimpulkan: “Saya juga menempatkan diri saya pada posisi Suzuki dan itu sulit. Menjadi konservatif seperti mereka, mereka tidak ingin mengacaukan segalanya dan kemudian mungkin memperburuk keadaan”.

Yang pasti pada musim 2022 mendatang, Alex Rins harus memberikan penampilan terbaiknya lagi, artinya dia paling tidak harus bisa kembali ke peringkat ke-3 seperti tahun 2020 atau Suzuki akan mendatangkan pembalap dari Moto2?.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page