Penjualan Motor di Indonesia Bulan Agustus 2021 Sudah Membaik!

0
(Motorcycle.com)

RiderTua.com – Hingga bulan Agustus lalu, ada berbagai motor baru yang dirilis dan dijual di Indonesia. Entah itu model skutik atau bergaya klasik, semuanya terjual dalam jumlah yang bervariasi. Dengan adanya pemulihan kondisi pasar, angka penjualan sepeda motor meningkat lagi. Skutik tetap menjadi jenis motor terlaris di Tanah Air pada periode tersebut.

Baca juga: Yamaha Siap Rilis Motor Sport R15M?

Angka Penjualan Motor Naik Lagi di Bulan Agustus 2021

Bulan Agustus lalu, 470.065 unit sepeda motor terjual di Indonesia, naik 19,8 persen dari bulan Juli 2021 yang mencapai 376.640 unit. Memang kenaikannya cukup kecil dari yang diperkirakan, tapi setidaknya itu sudah lebih baik dari sebelumnya. Apalagi keadaan pasar masih belum sepenuhnya memulih sejak awal tahun.

Sehingga jika dihitung dari bulan Januari, tercatat ada 3.296.793 unit motor yang terjual di Tanah Air. Hasil tersebut meningkat 32,2 persen dari tahun lalu di periode yang sama, dimana saat itu penjualannya hanya mencapai 2.493.401 unit. Hasil tersebut malah lebih baik dari yang diduga sebelumnya.

(Astra Honda Motor)

Skutik Tetap Laris

Dari hasil penjualan tersebut, skutik tetap menjadi motor terlaris di Indonesia dengan pangsa mencapai 87,9 persen. Model seperti Honda Beat juga tetap laris manis terjual ditengah kondisi pasar seperti sekarang. Terlebih skutik bongsor seperti PCX hingga Nmax juga menjadi motor yang populer di pasar.

Sementara motor sport dan motor bebek masing-masing menguasai 6,1 persen dan 6 persen. Selisih yang cukup tipis membuktikan kalau kedua segmen ini cukup bersaing ketat dengan sejumlah produk yang dirilis. Entah itu Honda CBR150R terbaru maupun model Yamaha Jupiter, semuanya laris manis di pasar.

Diharapkan target penjualan motor pada tahun ini bisa tercapai, meskipun keadaan pasarnya belum sepenuhnya membaik. Tapi setidaknya hasil yang didapat ini menunjukkan adanya pemulihan penjualan secara cepat.

Leave a Reply