Suzuki GSX-S300 ‘Haojue XCR300’, Siap Lawan Yamaha MT-25!

0
(MotoSaigon.vn via Kompas Otomotif)

RiderTua.com – Segmen motor bergaya naked atau naked bike semakin meriah dengan hadirnya motor baru dari Suzuki. Dikenal dengan nama GSX-S300, model ini tampil dengan desain yang sporty dan agresif. GSX-S300 juga memiliki nama lain di Negeri Tirai Bambu, yaitu Haojue XCR300. Jelas karena Suzuki dan Haojue bekerja sama untuk menghadirkan motor disana.

Baca juga: Suzuki GSX-R1000R Dapat Warna Baru, Tapi…

GSX-S300 Juga Dikenal Sebagai Haojue XCR300

Tampilan GSX yang satu ini cukup berbeda dengan model GSX naked bike lainnya. Headlamp-nya hanya terdiri dari empat pasang lampu LED, namun masih dapat memberikan penerangan lebih baik pada siang maupun malam hari. Desain fascia-nya juga sangat berbeda dengan naked bike pada umumnya.

Suspensi depan model upside down disuplai dari KYB, sedangkan suspensi belakangnya masih monoshock, tapi bisa disesuaikan. Ban yang dipakaikan pada GSX-S300 ‘XCR300’ ini cukup spesial, karena memakai ban dari Pirelli, tepatnya Diablo Rosso III. Uniknya, tak seperti motor kebanyakan, model ini memiliki dua knalpot yang ditempatkan di sisi kanan dan kiri motor.

(MotoSaigon.vn via Motorplus)

Lebih Agresif

Sistem pengeremannya mengandalkan rem cakram depan-belakang, masing-masing dengan kaliper 2-piston dan 1-piston serta rem ABS. Bobotnya lumayan ringan, yaitu mencapai 179 kg, tapi masih bisa dibawa melaju kencang di jalanan. GSX-S300 juga dilengkapi dengan fitur USB port serta panelmeter full digital.

Motor ini mengandalkan mesin 300 cc berpendingin cairan 2 silinder bertenaga 30 hp dan torsi 27,8 Nm. Memang tenaganya cukup besar untuk ukuran motor seperti ini, tapi jika dibandingkan dengan pesaingnya, Yamaha MT-25, tenaganya masih kalah besar. Naked bike ini sanggup menghasilkan tenaga hingga 35,5 hp, walau kapasitas sampai torsi mesinnya masih kalah dari GSX-S300.

GSX-S300 yang dijual dengan nama Haojue XCR300 ini hanya tersedia di Negeri Tirai Bambu dengan harga Rp 67,1 jutaan. Harganya sedikit lebih mahal dari MT-25 yang mencapai Rp 55,46 juta di Indonesia. Walau begitu, GSX-S300 sudah menjadi lawan yang setara bagi MT-25.

Leave a Reply