Tesla Bakal Hadirkan Wiper Mobil Dengan Laser!

0
(Motor1)

RiderTua.com – Wiper mobil sudah menjadi salah satu bagian penting pada mobil. Namun ada produsen yang menganggap fitur ini sudah kuno dan seharusnya digantikan dengan teknologi canggih. Produsen tersebut tak lain adalah Tesla, yang berencana untuk memakai teknologi laser sebagai wiper mobil. Bahkan patennya sudah diajukan oleh perusahaan besutan Elon Musk dkk tersebut.

Baca juga: Mobil Tesla Laris Manis Terjual di Singapura!

Tesla Berencana Memakai Laser Sebagai Wiper Mobil

Mungkin kedengarannya aneh, tapi inilah keunikan Tesla dari produsen otomotif lainnya. Mereka selalu mengeluarkan inovasi unik dari produknya, contohnya Cybertruck berdesain nyentrik nan futuristik. Selain itu, teknologi otonomnya juga memulai tren mobil otonom di seluruh dunia.

Namun Tesla tak mau berhenti untuk berinovasi sampai disitu, dan mereka sudah menyiapkan ‘kejutan’ besar lainnya. Diketahui merek berlogo ‘T’ tersebut mendaftarkan paten teknologi laser yang dijadikan sebagai wiper mobil. Fungsinya masih sama dengan wiper pada umumnya, yaitu membersihkan kaca depan atau belakang mobil dari kotoran maupun air hujan.

(Autoweek)

Cybertruck Kebagian?

Namun dengan memakai laser, teknologi ini diklaim mampu membersihkannya lebih baik dari wiper biasa. Terlebih dengan sensor dan kamera sebagai pelengkap, maka fitur ini dapat berfungsi secara otomatis ketika mendeteksi air hujan maupun kotoran di kaca mobil. Lebih baiknya lagi, laser tersebut bisa membersihkan kaca di bagian yang sulit dijangkau.

Walau cukup canggih, tapi fitur ini punya kelemahan, yaitu fitur ini tak dapat bekerja dengan normal jika kameranya terhalang oleh kotoran. Oleh karena itu pemiliknya harus rajin mengecek bagian sensor dan kamera agar wiper laser bisa tetap beroperasi. Memang masih berupa paten, jadi ada peluang Tesla bakal menyempurnakannya.

Entah model Tesla mana yang akan kebagian fitur wiper laser tersebut, tapi kemungkinan kuat Cybertruck yang bakal mendapatkannya. Dengan desainnya yang modern, sudah jelas teknologi yang diusungnya harus modern juga. Tapi siapa tahu Model Y, X, S, dan 3 juga ikut kebagian.

Leave a Reply