Toyota Camry Ternyata Punya Kembaran, Lho

1
(WapCar)

RiderTua.com – Camry masih menjadi mobil sedan Toyota yang cukup populer di sejumlah negara, termasuk Indonesia. Tapi siapa sangka kalau model ini juga punya kembaran dari Daihatsu layaknya Avanza atau Raize. Dikenal sebagai Daihatsu Altis, model ini hanya dijual di Jepang saja. Meski dari penampilannya hampir sama persis satu sama lain.

Baca juga: Daihatsu Boon Luminas, LMPV yang Pernah Berjaya di Masanya

Daihatsu Altis Hanya Dijual di Jepang

Dari namanya mungkin terdengar seperti nama Corolla Altis yang dijual di Asia Tenggara. Walau sebenarnya nama belakangnya juga dipakai oleh Daihatsu untuk kembaran Camry di Jepang. Tentu namanya mobil kembar, pasti desainnya sudah terlihat sama persis, begitupun pada Altis-Camry.

Model ini pertama kali dihadirkan oleh Daihatsu di Jepang pada tahun 2000 sebagai pengganti dari model Applause. Dari dulu sampai sekarang, desainnya selalu mengikuti perombakan dari Camry, termasuk modelnya sekarang. Keduanya memiliki desain yang lebih modern, pastinya membuatnya tampil lebih elegan dan berkelas.

(Motor1)

Camry-Altis

Interiornya juga cukup bagus dan nyaman, walau tak banyak ubahan yang diberikan jika dibandingkan dengan Camry. Mungkin kedengarannya aneh kalau melihat dua model ini berkeliaran di Jepang, tapi tentu itu bukan sesuatu yang ‘aneh’ lagi. Sebab Toyota dan Daihatsu punya banyak model kembar yang dijual di Jepang hingga Indonesia, contohnya Raize dan Rocky.

Altis menawarkan dua pilihan mesin, yaitu bensin 2.500 cc bertenaga 211 ps serta hybrid bertenaga 218 ps. Fitur keselamatannya juga cukup lengkap, dari rear cross traffic alert, pre-collision system, adaptive cruise control, sampai kamera 360 derajat. Camry juga memiliki fitur tersebut, tapi kebanyakan semua fiturnya ditanggalkan di Indonesia untuk menekan harganya.

Memang Altis hanya dijual eksklusif di Negeri Sakura saja, sementara Toyota masih menyediakan Camry di pasar. Walau kedengarannya ironis karena Toyota punya model ‘Altis’ versinya sendiri, tapi dalam bentuk Corolla Altis.

1 COMMENT

Leave a Reply