Toyota Bakal Hadirkan Baterai EV Baru, Awet Hingga 10 Tahun!

1
(MotorBiscuit)

RiderTua.com – Baterai memang masih menjadi komponen termahal pada mobil ramah lingkungan. Terlebih kebanyakan baterai hanya mampu bertahan sampai lima tahun atau kurang dari itu. Namun Toyota ingin menghadirkan inovasi terbaru untuk baterai mobil listrik. Baterai anyar ini disebut mampu awet hingga 10 tahun lamanya!

Baca juga: Inilah Kembaran Toyota BZ4X Dari Subaru!

Toyota Ingin Hadirkan Inovasi Baru Untuk Baterai EV

Apa yang diklaim Toyota mungkin kedengarannya tak masuk akal. Sebab kebanyakan baterai hanya mampu tahan kurang dari 10 tahun, atau bahkan kurang dari lima tahun. Namun merek mobil asal Jepang tersebut menghadirkan sebuah inovasi baru yang tak dimiliki oleh produsen lainnya.

Kehebatan yang dimiliki baterai ini yaitu memiliki daya tempuh sejauh 500 km dalam sekali isi daya baterai hingga penuh. Namun baterai tersebut masih bisa memiliki daya jelajah hingga 450 km yang dapat dipakai selama satu dekade. Artinya, mobil hanya menggunakan 10 persen dari total penggunaannya.

(Motor1)

Model bZ4X

Memang ini menjadi sesuatu yang bagus, terlebih bagi mereka yang menginginkan mobil yang awet sehingga tak perlu bolak-balik ganti baterai. Namun kemampuan ini tergantung pada penggunaan fast charging. Jika penggunanya sering memakai fast charging, ada potensi dapat mengurangi daya tahan pada baterainya, meski ini baru spekulasi.

Baterai ‘super’ dari Toyota ini dikabarkan akan dipakai pada calon mobil terbarunya, yaitu bZ4X. Model tersebut sempat dikenalkan beberapa bulan lalu, dan SUV ini yang bakal memakai baterai tersebut. Meskipun baterainya masih dalam tahap pengembangan, Toyota yakin akan melakukan segala cara untuk bisa mewujudkannya.

Mungkin keawetan baterai tersebut hingga satu dekade tersebut juga bisa mengurangi pengurangan limbah baterai. Dengan mengembangkan baterai yang tahan lama, maka pengguna tak perlu mengganti baterai mobil tiap kali ‘masa garansinya’ habis. Namun tentu penggunanya harus tahu cara merawatnya agar tetap awet.

1 COMMENT

Leave a Reply