Inilah Kembaran Toyota BZ4X Dari Subaru!

RiderTua.com – Subaru dan Toyota ternyata masih menjalin kerja sama setelah sukses dengan 86-BRZ. Kali ini mereka tak mengembangkan sportcar, melainkan mobil SUV bertenaga listrik. Subaru mengenalkan Solterra sebagai produk SUV terbarunya beberapa waktu lalu. Sama seperti BRZ, model ini adalah ‘kembaran’ dari Toyota BZ4X.

Baca juga: Subaru Bakal Rilis WRX Boxer Terakhir?

Subaru Kenalkan Solterra Sebagai SUV Terbarunya

Namanya yang berupa gabungan dari kata ‘sol’ dan ‘terra’ dalam bahasa Latin berarti matahari dan bumi. Subaru seakan ingin memperlihatkan kepada semua orang kalau produk terbarunya ini ramah lingkungan. Jelas dari penggunaan kode ‘EV’ yang disematkan pada Solterra.

Desain Solterra memang tak begitu berbeda dengan model konsep Toyota BZ4X yang dikenalkan sebelumnya. Kesan tajam pada fascia sampai bagian belakangnya mempertegas identitasnya sebagai SUV modern bergaya sporty. Hanya saja desain fascia-nya dibuat sedikit berbeda dengan BZ4X agar tak terlihat seperti ‘menjiplaknya’, walau berupa mobil kembar.

(Motor1)

Bertenaga Listrik

Interior Solterra bisa dikatakan cukup bagus untuk ukuran SUV listrik, dan sama seperti eksteriornya, masih ada kesamaan dengan BZ4X. Namun yang menarik yaitu desain setirnya yang disebut seperti ‘setirnya pesawat tempur’. Layar infotainment yang berada di dasbor dibuat menyatu dengan konsol tengah, sehingga terlihat unik dan menarik.

Sementara untuk powertrain-nya masih meninggalkan tanda tanya, karena Subaru tak mengumumkannya sama sekali. Walau begitu, Solterra dikonfirmasi akan mengusung sistem symmetrical AWD (all wheel drive) untuk mendukung performanya melibas berbagai medan jalan. Kemungkinan motor listriknya dapat menghasilkan performa yang begitu besar.

Karena berupa mobil kembar, banderol Solterra takkan begitu berbeda dengan BZ4X, yaitu sekitar Rp 428 jutaan. Lumayan terjangkau untuk ukuran crossover SUV, terlebih ini belum termasuk insentif di sejumlah negara. Seandainya model ini dibawa ke Indonesia, bisa-bisa banderolnya hampir setara dengan Hyundai Kona EV.

Related Articles

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page

%d bloggers like this: