Gaya Balap Ala Yamaha Vinales ‘Ngempos’ Dipakai di Kualifikasi

1

RiderTua.com – Dari geometri dan dimensi secara keseluruhan, tampak posisi jok Aprilia lebih rendah. Ini mungkin menjadi poin yang membuat Vinales merasa tidak nyaman saat berpindah dari Yamaha yang lebih tinggi. Posisi tempat duduk rendah dan dekat dengan pusat gravitasi, ada hubungan relatif antara posisi pusat gravitasi motor dan gaya balap.. Alhasil Maverick Vinales mengatakan dia perlu “mengatur ulang” gaya balapnya dalam kondisi time attack (Q1) dengan Aprilia karena itu benar-benar cara yang salah untuk motor Italia itu di kualifikasi Aragon kemarin. “Di kualifikasi, saya terus melakukan hal yang sama seperti yang saya lakukan di Yamaha, dan itu benar-benar salah,” kata Vinales..

Gaya Balap Ala Yamaha Vinales ‘Ngempos’ Dipakai di Kualifikasi dengan Motor Aprilia..

Vinales akan start pada balapan pertamanya sebagai pembalap Aprilia pada hari Minggu dari posisi 19 di grid.. Dengan Aprilia yang memiliki desain mekanis yang sama sekali berbeda dengan Yamaha yang dia kendarai antara tahun 2017 dan tahun ini, Vinales menemukan cara balapnya yang normal di kualifikasi sama sekali tidak cocok untuk RS-GP.

“Yah, saya harus mengatakan ketika saya melakukan serangan waktu, saya tidak berpikir terlalu banyak dan saya terus melakukan hal yang sama seperti yang saya lakukan di Yamaha, dan itu benar-benar salah,” kata Vinales saat ditanya oleh media motorsport.. Dia  merasa gaya balapnya lebih cocok untuk Aprilia daripada Yamaha di time attack.

“Saya masuk ke tikungan terlalu cepat dan saya perlu mencatatkan lap time dengan cara yang berbeda. Itu bagus untuk ritme, tentu saja, tetapi tidak untuk serangan waktu (kualifikasi). Jadi, saya perlu mengatur ulang pikiran, saya perlu membuat lebih banyak lap untuk memahami bagaimana membuat kualitas yang baik dengan Aprilia. Secara keseluruhan, kami cukup senang karena kami pikir kami memiliki banyak margin dan ini adalah hal yang paling penting”.

“Saya perlu memahami motornya, saya masih butuh banyak lap. Tentu, ini bukan trek termudah untuk memulai tetapi itu bagus karena Anda tahu kenyataannya, dan kenyataannya saya harus banyak bekerja pada gaya balap dan untuk memahami motornya.”

Hal bagus dari RS-GP

Maverick Vinales suka dengan akselerasi RS-GP sebagai hal positif, meskipun dia mengakui masih harus memahami, torsi dan engine brake Aprilia yang bermesin V4.. “Yah, sebenarnya yang saya suka dari motornya adalah akselerasinya sangat bagus.. Maksud saya, perkembangan mesin. Saya hanya perlu memahami torsi karena itu berbeda, jelas. Jadi, saya perlu membiasakan diri untuk mengambil performa akselerasi yang maksimal..”

1 COMMENT

Leave a Reply