Penjualan Motor di Indonesia Menurun (Lagi)?

1

RiderTua.com – Ternyata tak hanya penjualan mobil yang menurun di bulan Juli 2021. Penjualan sepeda motor di Indonesia juga mengalami penurunan di periode yang sama dengan kondisi pasar yang serupa. Hasil penjualan motor bulan Juli lalu memang menurun dari bulan Juni 2021. Tapi setidaknya penurunannya tak terlalu signifikan seperti yang diduga.

Baca juga: Tiga Motor Viar Dihentikan Produksinya Untuk Sementara

Hasil Penjualan Motor di Bulan Juli Lalu Menurun

Bulan Juli 2021, tercatat ada 376.640 unit sepeda motor yang terjual di Indonesia, sementara angka ekspornya mencapai 66.105 unit. Memang itu hasil yang cukup bagus, tapi jika membandingkannya dengan bulan lalu, terlihat adanya penurunan penjualan. Sebab di bulan Juni saja mencatatkan penjualan hingga 428.556 unit dan ekspor 71.441 unit.

Selisihnya cukup berjauhan satu sama lain, dan ini terjadi akibat kondisi pasar yang kembali menurun dari yang diperkirakan. Sebenarnya penjualan di bulan Juni juga ikut menurun jika dibandingkan dengan bulan Mei 2021. Keadaannya hampir serupa dengan tahun lalu, walau kondisi saat itu lebih parah dari sekarang.

(Astra Honda Motor)

Skutik Tetap Diminati

Sehingga dengan hasil ini, total penjualan sepeda motor di Indonesia sepanjang bulan Januari hingga Juli 2021 mencapai 2.178.694 unit. Dengan segmen skutik yang tetap mendominasi pasar dengan kontribusi penjualan hingga 86,95 persen. Segmen motor bebek dan sport menyusul dengan 6,78 persen dan 6,27 persen.

Sudah tak bisa dipungkiri kalau skutik tetap diminati oleh masyarakat Indonesia, bahkan dalam kondisi pasar seperti ini. Terlebih produsen menghadirkan sejumlah produk baru seperti PCX 160 hingga facelift untuk Honda Scoopy, Yamaha NMAX dan Gear. Tak hanya skutik, segmen sport juga tetap diminati.

Entah apakah target penjualan motor tahun ini bisa tercapai, tapi semoga saja kondisi pasarnya bisa kembali memulih secara bertahap. Apalagi produsen roda dua masih memiliki produk baru yang akan dirilis di Indonesia untuk semakin memeriahkan pasarnya.

1 COMMENT

Leave a Reply