Toyota Hentikan Sementara Produksi Mobil Mewahnya

1
(Toyota Astra Motor)

RiderTua.com – Segmen mobil mewah sempat mengalami peningkatan penjualan hingga pertengahan tahun ini. Namun kini produsen mulai dihadapkan dengan masalah terkait ketersediaan komponen suku cadang produknya. Akibatnya produsen seperti Toyota harus menyetop produksi sejumlah mobil mewahnya untuk sementara. Dari Alphard-Vellfire, Land Cruiser, sampai Lexus mengalami dampak tersebut.

Baca juga: Isuzu dan Toyota Thailand Stop Produksi… Untuk Saat Ini

Toyota Menyetop Produksi Mobilnya Untuk Sementara

Sebelumnya Toyota menghentikan sementara produksi di tiga pabriknya yang ada di Thailand. Ini terjadi karena pemasok wire harness lokal berhenti beroperasi karena kondisi yang kurang memungkinkan. Tak hanya Toyota Thailand yang terkena dampaknya, tetapi juga merek lainnya, yaitu Isuzu.

Kini masalah pasokan komponen mobil mulai meluas ke mobil mewahnya, sehingga Toyota harus menyetop produksi di empat pabriknya di Jepang. Penyetopan ini akan dimulai pada tanggal 2 hingga 6 Agustus, walau tiap pabrik memiliki jadwalnya tersendiri. Keempat pabrik ini memproduksi sejumlah mobil Toyota, rata-rata berupa model mewah.

(Latest Car News Net)

Gangguan Distribusi Unit

Seperti Fujimatsu Plant yang menangani perakitan MPV premium seperti Alphard-Vellfire, Noah (Voxy), dan Esquire. Kemudian tiga pabrik lainnya adalah tempat produksi model lainnya seperti Corolla (termasuk varian Touring), hingga SUV Land Cruiser. Padahal model generasi terbarunya baru dikenalkan beberapa minggu lalu.

Bahkan pabrik yang menangani produksi mobil Lexus juga ikut kena dampaknya, walau hanya merakit model LS, IS, dan LX. Sementara model lainnya masih akan diproduksi seperti biasa, meski dikhawatirkan akan terkena dampak serupa. Penghentian produksi ini hanya berlangsung sementara, agar mereka bisa ‘menghemat’ stok komponen yang tersisa.

Sepertinya Toyota tak hanya dipusingkan dengan krisis chip semi-konduktor, tetapi juga masalah ketersediaan stok komponen mobilnya. Walau tak seperti krisis chip, keadaan ini mungkin hanya berlangsung sementara saja sampai kondisi benar-benar sudah kondusif.

1 COMMENT

Leave a Reply