Isuzu dan Toyota Thailand Stop Produksi… Untuk Saat Ini

1
(Toyota Europe Newsroom)

RiderTua.com – Dengan peningkatan penjualan mobil sepanjang semester pertama tahun ini, produsen menjadi semakin bersemangat. Namun ditengah kondisi yang tak menentu sudah tak membuat produksi mobil tak bisa ditingkatkan lagi kapasitasnya. Bahkan kondisi ini memaksa Toyota dan Isuzu untuk menghentikan sementara produksinya di Thailand. Ada berbagai faktor yang menyebabkan produksi kendaraan distop untuk sekarang.

Baca juga: Toyota Tetap Jadi Merek Mobil Terlaris di Indonesia

Toyota-Isuzu Hentikan Sementara Produksinya

Mungkin ini bukan sesuatu yang mengejutkan, mengingat tahun lalu saja produksi mobil sempat terhenti karena kondisi saat itu. Ini juga menjadi salah satu penyebab kenapa penjualan mobil di seluruh dunia mengalami penurunan drastis. Masalah tersebut juga terjadi akibat distribusi suku cadang kendaraan yang agak terhambat.

Kini produsen harus kembali dihadapkan dengan masalah baru, tak hanya karena kondisi pasar. Kali ini soal krisis chip semi-konduktor yang membuat produsen mobil kewalahan, karena komponen tersebut penting untuk produksinya. Terlebih untuk komponen mobil listrik, dimana model jenis ini tengah dicari oleh banyak orang.

MU-X Facelift akan tiba
(CarsGuide)

Krisis Chip dan Kondisi Pasar

Akibat kedua masalah utama tersebut, Toyota dan Isuzu di Thailand harus menghentikan produksinya untuk sementara. Memang karena ini hanya berlangsung selama seminggu saja, tapi ada kemungkinan bisa diperpanjang hingga lebih dari itu. Walau masalah ini tak dialami secara langsung oleh produsennya, melainkan supplier dari komponen mobil, termasuk chip semi-konduktor.

Toyota akan menghentikan produksi dua pabriknya di Negeri Gajah Putih. Kedua pabrik ini diketahui memproduksi sejumlah mobil, dari Yaris (termasuk varian ATIV), Corolla Altis, Corolla Cross, CH-R, Camry, sampai Hilux-Fortuner. Sedangkan Isuzu disebut masih belum dipastikan, tapi karena mendapat supplier yang sama dengan Toyota, bisa jadi merek ini akan bernasib serupa.

Agaknya penghentian sementara produksi mobil Toyota akan berdampak ke Indonesia. Sebab model seperti Corolla Cross hingga Camry masih didatangkan dari Thailand, termasuk varian hybrid. Tapi sejauh ini belum terpantau gangguan pasokan unit mobil Toyota di Tanah Air.

1 COMMENT

Leave a Reply