Toyota Tetap Jadi Merek Mobil Terlaris di Indonesia

1
(Toyota Europe Newsroom)

RiderTua.com – Bicara soal merek mobil terlaris di Indonesia, mungkin banyak orang yang akan menyebut Toyota. Sudah tak diragukan lagi kalau merek asal Jepang ini sudah menjadi ‘penguasa’ pasar roda empat Tanah Air selama bertahun-tahun. Pada periode Januari-Juni 2021, Toyota kembali menjadi merek mobil terlaris. Bahkan hasil penjualannya melampaui empat merek lainnya dalam daftar lima besar.

Baca juga: Ini Hasil Penjualan 20 Mobil di Indonesia Bulan Juni 2021

Merek Mobil Terlaris Periode Januari-Juni 2021

Sepanjang bulan Juni lalu, angka penjualan naik sedikit dari bulan Mei. Walau hanya naik sedikit, tapi itu sudah membuat produsen mobil puas karena setidaknya hasil ini sudah jauh lebih baik dari tahun lalu. Tentu masih ingat bagaimana tahun 2020 menjadi tahun yang sangat sulit bagi sejumlah merek mobil untuk berjualan di tengah kondisi tersebut.

Jika menghitung penjualan mobil sepanjang periode Januari hingga Juni 2021, ada kenaikan hingga 33,5 persen dari tahun lalu. Walau jika membandingkannya dengan tahun 2019, hasilnya disebut masih lebih sedikit dari yang diprediksi. Tapi tetap saja, setidaknya ini menjadi awal dari pemulihan penjualan mobil yang sempat terpuruk pada tahun lalu.

(Toyota Motors Cebu)

Dominasi di Pasar Roda Empat

Dari hasil penjualan mobil semester pertama tahun ini, Toyota tetap memimpin pasar roda empat Tanah Air dengan hasil mencapai 121,3 ribu unit. Dengan itu, Toyota menguasai pangsa pasar hingga 31,3 persen, dan ini sudah menjadi angka yang sangat besar. Sebab merek lainnya hanya bisa memiliki pangsa dibawah 20 persen.

Dibawah Toyota ada Daihatsu yang menjual 67,2 ribu unit mobil dan memegang pangsa sebesar 17,3 persen. Disusul tiga merek lainnya seperti Mitsubishi dengan hasil mencapai 61,9 ribu unit, Honda 49,4 ribu unit, dan Suzuki 40,9 ribu unit. Masing-masing merek meraih pangsa dengan persentase 16 persen, 12,7 persen, dan 10,6 persen.

Sedangkan untuk merek lainnya mungkin hanya mampu menjual dibawah 40 ribu unit, atau bahkan lebih kecil dari itu. Terlepas dari ini semua, Toyota masih membuktikan kalau mereka menjadi nomor satu di pasar roda empat di Indonesia.

1 COMMENT

Leave a Reply