Ada Recall Mobil Wuling, Indonesia Ikut Kena?

1
(Tempo.co)

RiderTua.com – Belakangan ini muncul kabar Wuling tengah melakukan recall besar-besaran di kampung halamannya. Tercatat ada 1,44 juta unit mobil yang harus ditarik di Negeri Tirai Bambu akibat masalah pada mesinnya. Meski nampak begitu parah, Wuling memastikan kalau negara lain seperti Indonesia tak terkena dampak recall. Karena recall tersebut bersifat regional saja, bukan secara global.

Baca juga: Perjalanan 4 Tahun Wuling Motors di Indonesia

Wuling Memastikan Indonesia Tak Terkena Dampak Recall

Entah apa yang menyebabkan kerusakan pada komponen mesinnya, yang jelas 1,44 juta unit mobil Wuling di Negeri Panda terdampak karenanya. Walau hanya terjadi disana, tapi tetap saja ada yang khawatir kalau dampaknya bisa menyebar ke sejumlah negara. Termasuk Indonesia, dimana Wuling menyediakan sejumlah model dari Confero sampai Almaz.

Mengenai kekhawatiran akan recall tersebut, Wuling Motor Indonesia (WMI) menjamin mobil yang dijualnya takkan kena dampak penarikan. Sebab model yang ditarik di Negeri Tirai Bambu adalah produk dibawah naungan Wuling Baojun. Walau Almaz berupa model Baojun, tapi SUV ini tak terkena dampaknya seperti di ‘kampung halamannya’.

(Otosia)

Masih Aman

Wuling juga menjamin kalau tiap produknya yang dijual di Tanah Air sudah melalui berbagai pengujian kualitas sesuai dengan regulasi berlaku. Dan tentu saja disesuaikan dengan pasar tujuan, jadi tak selalu model yang sama harus kena recall dari suatu negara. Karena siapa tahu spesifikasinya berbeda di tiap negara.

Mungkin ini pertama kalinya Wuling harus menarik lebih dari sejuta unit mobil disana. Selama beberapa bulan terakhir, terjadi banyak penarikan dari sejumlah merek mobil, entah itu karena fitur yang tak berfungsi dengan baik atau mesinnya tak bekerja optimal. Mengenai masalah mesin pada produk Wuling Baojun masih menjadi ‘misteri’.

Yang jelas, recall mobil Wuling yang dilakukan di Negeri Panda takkan menyebar ke Indonesia. Setidaknya untuk saat ini pemilik mobil Wuling di Tanah Air, entah itu Confero, Cortez, Formo, atau Almaz, bisa bernafas lega.

1 COMMENT

Leave a Reply