All New Toyota Aqua ‘Prius c’, Mirip Yaris?

1
(Motor1)

RiderTua.com – Mungkin banyak orang yang masih belum familiar dengan Toyota Aqua. Memang mobil ini hanya dijual di Jepang, walau sebenarnya Aqua masih termasuk ke dalam model Prius, lebih tepatnya Prius c. Baru-baru ini Toyota menghadirkan generasi terbaru dari Aqua di Negeri Sakura. Modelnya jauh lebih bagus dari generasi sebelumnya, walau disebut agak mirip dengan salah satu produk Toyota lainnya.

Baca juga: Toyota Tetap Jadi Merek Mobil Terlaris di Indonesia

Toyota Hadirkan Generasi Terbaru Aqua

Karena berupa model generasi terbaru, maka Aqua mengusung platform terbaru dari model lawasnya, yaitu TNGA-B. Keunggulan dari platform ini yaitu efisiensi bahan bakar atau bensinnya 20 persen lebih irit dari platform lainnya. Tentu platform semacam ini cocok digunakan untuk mobil bertenaga hibrida.

Dengan platform terbaru, Aqua memiliki wheelbase lebih panjang dari sebelumnya, yaitu 50 mm. Sehingga ini bisa memberikan ruang lebih bagi kabin, sekaligus memberikan kelegaan yang lebih baik. Kemudian All New Aqua memakai penggerak AWD (all wheel drive) e-Four serta fitur one pedal operation.

(GridOto)

Lebih Modern

Untuk tampilannya, Aqua generasi terbaru tampil dengan desain yang lebih modern dan bergaya. Walau sekilas agak mirip dengan All New Yaris yang dijual di Eropa maupun Jepang. Padahal sebenarnya generasi lama Aqua benar-benar mirip dengan Yaris, sehingga ada yang menyebutnya sebagai ‘Yaris versi hybrid’.

Interior All New Aqua lumayan simpel dengan adanya layar sentuh di tengah dasbor. Aqua model terbaru juga menghadirkan baterai nikel-hidrogen bipolar output tinggi yang pertama diterapkan pada produk Toyota. Dengan baterai ini, Aqua memberikan respon akselerasi yang lebih baik ketika dipadu dengan mesin bensin 1.500 cc.

Di Jepang, Aqua dibanderol mulai Rp 262 juta hingga Rp 343 jutaan. Sebenarnya Aqua pernah dijual di luar negeri sebagai Prius c, sebelum Toyota menghentikan penjualannya pada akhir tahun 2019. Mungkin karena sudah ada Prius atau model hybrid Toyota lainnya yang lebih laris dari itu.

1 COMMENT

Leave a Reply