Rocky Berpotensi Menggusur Eksistensi Sirion?

1
(Pikiran Rakyat)

RiderTua.com – Sejak dihadirkan akhir April lalu, Rocky dan kembarannya, Raize, menjadi sorotan di Indonesia. Sebab dengan sejumlah fitur yang tak dimiliki oleh mobil Toyota-Daihatsu lainnya bisa ditebus dengan harga terjangkau. Namun muncul kekhawatiran kalau Rocky bakal merebut konsumennya Sirion. Sebab keduanya memiliki banderol sekitar Rp 200 juta, dan memiliki fitur yang jauh berbeda pula.

Baca juga: Gran Max Menjadi Mobil Daihatsu Terlaris Semester I 2021

Rocky Bakal Merebut Konsumennya Sirion

Baik Rocky dan Sirion adalah mobil dengan jenis yang berbeda jauh, dimana Sirion berupa model city car dan Rocky SUV kompak. Walau begitu, keduanya sama-sama berupa mobil 5 seater. Bahkan banderolnya bersinggungan satu sama lain, dengan kisaran mencapai Rp 200 jutaan.

Yang membedakannya tentu saja fiturnya, dimana Rocky memiliki berbagai fitur yang jauh lebih lengkap dari Sirion. Dengan harga Rp 200 jutaan, tentu konsumen bisa mendapat fitur yang bisa dikatakan cukup canggih dan modern. Tentu kalau dibandingkan dengan model Daihatsu lainnya seperti Sirion, Rocky masih lebih unggul.

(Bisnis.com)

Makin Laris

Karena harganya yang disebut cukup berdekatan, membuat banyak orang beranggapan kalau Rocky bisa merebut konsumennya Sirion. Terlebih angka penjualannya terus meningkat sejak model ini mendapat insentif pajak mobil nol persen. Bahkan ada yang menyebut Daihatsu akan mengabaikan Sirion demi SUV anyarnya tersebut. Mengenai itu, Astra Daihatsu Motor (ADM) menyebut kalau keduanya takkan ‘bentrok’ satu sama lain.

ADM menjelaskan baik Rocky maupun Sirion tidak saling merebut pasarnya karena berbeda jenis. Yang satu berupa model SUV mungil, sedangkan satunya lagi adalah mobil kota atau city car. Tentu kedengarannya tak masuk akal jika Rocky mau merebut konsumennya Sirion karena memiliki fitur lebih lengkap dengan harga terjangkau.

Walau sebenarnya Rocky sendiri sudah mampu mencatatkan angka penjualan yang jauh lebih tinggi dari Sirion. Memang ADM tak terlalu mengkhawatirkannya, tapi siapa tahu suatu saat nanti Sirion bisa tertinggal dari model Daihatsu lainnya.

1 COMMENT

Leave a Reply