Garrett Gerloff Kesulitan dengan Rem Karbon Motor MotoGP

1

RiderTua.com – Garrett Gerloff kesulitan dengan rem karbon motor MotoGP… Pembalap pengganti Franco Morbidelli, Garrett Gerloff finis di posisi ke-17 pada putaran ke-9 MotoGP di Assen. Di atas kertas, pembalap Yamaha dari Kejuaraan Dunia Siperbike ini gagal menorehkan hasil positif pada debutnya dengan Petronas Yamaha. Tapi mengingat situasinya, apa yang mampu ditorehkan pembalap asal Texas-Amerika itu cukup luar biasa. Pembalap berusia 25 tahun itu pernah menunggangi Yamaha M1 hanya sekali, yakni di sesi latihan bebas hari Jumat di Valencia pada 2020. Kala itu dia menggantikan Valentino Rossi, dan pada hari Sabtu dan race hari Minggu Rossi membalap sendiri. Sejak saat itu Gerloff hanya jadi penonton. Peringatan bagi pembalap SBK yang mencoba ke MotoGP membiasakan rem karbon dan power besar motor prototipe tidaklah mudah..

Garrett Gerloff Kesulitan dengan Rem Karbon Motor MotoGP

Beralih dari Yamaha R1 yang familiar bagi Garrett Gerloff, dan pindah ke M1 yang lebih bertenaga dengan dibekali rem karbon dan ban Michelin di GP Assen, bukanlah hal yang mudah. Dan karena Kejuaraan Dunia Superbike 2020 tidak berlangsung di Belanda, trek itu juga baru bagi pembalap berusia 25 tahun itu.

Meski demikian, Gerloff mampu finish di depan pembalap Avintia Sky VR46 Ducati Luca Marini saat balapan. Dan karena Rossi jatuh, pembalap asal Amerika itu finis ke-17 sebagai pembalap Petronas Yamaha terbaik.

“Saya sedikit frustrasi karena saya tidak bisa menggabungkan sektor terbaik saya di lap tercepat di kualifikasi. Di setiap lap, saya mencoba mempelajari sesuatu yang baru dan lebih terbiasa dengan Yamaha. Tujuan saya adalah untuk meningkatkan, dan itulah yang saya lakukan,” kata Gerloff, yang terkejut dengan sifat rem karbon selama balapan.

“Ada kesulitan tertentu, seperti memahami proses start dan seperti apa rem dingin di tikungan pertama. Saya senang bisa mencapai garis finis, tapi saya sedikit kecewa dengan defisit saya. Saya ingin mendahului Marini lebih awal, maka mungkin saya bisa mengikuti kelompok di depan saya.”

Rekan setim Petronas, Valentino Rossi sempat mundur dari posisi start 12, di lap ke-8 Rossi terpaut 5 tempat dari Gerloff.

1 COMMENT

Leave a Reply