Nasib Mobilio di Filipina: Diungguli SUV dan Penjualan Terus Menurun

1
(Honda Cars Philippines)

RiderTua.com – Mungkin tak banyak yang menyangka kalau nasib Mobilio di Filipina harus berakhir sampai disini. Mobil low MPV Honda tersebut disuntik mati karena hasil penjualannya yang terus menurun selama beberapa bulan terakhir. Terlebih Mobilio sudah kalah saing dari mobil SUV dan crossover milik Honda lainnya. Keadaan ini mirip dengan di Indonesia, hanya saja model ini masih dijual.

Baca juga: Ketika Honda Mobilio Mundur Dari Filipina…

Mobilio Kalah Saing Dari SUV-Crossover Honda

Sebagai LMPV, Mobilio tak hanya dipasarkan di Indonesia, tetapi juga di luar negeri, walau sebatas di Asia Tenggara saja. Filipina menjadi salah satu tujuan model ini, mengingat segmen MPV disana berkembang dengan baik. Tapi kini, Mobilio harus dihentikan penjualannya karena kurang laku di pasar.

Mobilio diketahui sudah di-delist dari situs resmi Honda Cars Philippines sejak pengumuman tersebut. Mereka mengatakan bahwa LMPV tersebut takkan dijual lagi karena penjualannya yang terus menurun. Terlebih dengan tren mobil SUV dan crossover yang semakin meningkat, maka mereka tak punya pilihan selain harus ‘mengorbankan’ salah satu produknya.

(Tempo.co)

Tren SUV yang Semakin Menjamur

Memang segmen SUV tengah ngetren belakangan ini, walau kondisi pasar masih belum sepenuhnya pulih. BR-V dan CR-V yang terkenal disana masih dipertahankan oleh Honda, dan dengan Mobilio yang sudah disuntik mati, keduanya menjadi mobil 7-seater yang bertahan disana. Honda mengaku akan fokus ke segmen yang sedang ngetren di pasar.

Berbeda dengan di Filipina, Mobilio di Indonesia akan terus dijual oleh Honda Prospect Motor (HPM). Kalau melihat dari penjualannya, memang hampir tak ada bedanya dengan di Filipina, tapi masih lumayan bagus. Terlebih Mobilio sudah mendapat insentif pajak mobil nol persen, sehingga terlihat ada kenaikan penjualan walau masih sedikit.

Angka penjualannya yang kurang maksimal di Tanah Air tak lain disebabkan oleh ketatnya persaingan di segmen LMPV. Bayangkan saja, Mobilio harus berhadapan dengan model terlaris seperti Avanza atau Xpander, serta model lainnya seperti Ertiga, Confero, hingga Xenia. Tapi tentu Honda takkan meninggalkan Mobilio begitu saja dan akan terus mempertahankannya.

1 COMMENT

Leave a Reply