Ketika Honda Mobilio Mundur Dari Filipina…

1
(Tempo.co)

RiderTua.com – Kabar mengejutkan datang dari Honda, dimana merek otomotif ini mengumumkan Mobilio tak lagi dijual di Filipina. Padahal mobil LMPV tersebut cukup terkenal disana, tapi sepertinya segmennya tak seramai di Indonesia. Honda Mobilio tak terlihat lagi di website resmi Honda Cars Philippines. Artinya jelas kalau mereka tak menjual model itu lagi disana.

Baca juga: Tiga Mobil Honda Ini Bakal Disuntik Mati!

Honda Mobilio ‘Menghilang’ Dari Website Honda Filipina

Mungkin tak banyak yang menyangka kalau nasib Mobilio di Filipina tak seberuntung di Indonesia. Memang karena segmen MPV di dua negara ini berbeda-beda, dimana konsumen Tanah Air masih banyak yang menyukai model jenis tersebut. Lain dengan di negara tetangga, dimana varian lain seperti SUV yang justru difavoritkan.

Honda Cars Philippines tak bisa mempertahankan Mobilio begitu lama, sehingga mereka harus berhenti jualan model ini. Dengan ini, hanya tersisa tiga model LMPV yang masih dijual disana, yaitu Toyota Avanza, Mitsubishi Xpander, dan Suzuki Ertiga. Tapi sepertinya ketiganya takkan senasib dengan Mobilio, setidaknya untuk sekarang.

(GridOto)

Fokus ke Segmen SUV

Honda Filipina terpaksa menghentikan penjualan Mobilio karena angka penjualannya yang terus menurun selama beberapa bulan terakhir. Walau tak merinci berapa unit yang terjual sepanjang tahun ini, sepertinya hasil penjualan Mobilio tak setinggi model lainnya seperti BR-V dan CR-V. Terlebih Honda memilih untuk fokus ke segmen lain yang mempunyai potensi lebih tinggi, seperti SUV.

Sebenarnya Mobilio juga bernasib serupa di Indonesia, hanya saja model ini masih dijual sampai sekarang. Namun karena jarang mendapatkan penyegaran seperti model Honda lainnya, sepertinya inilah penyebab kenapa angka penjualannya terus menurun tiap tahunnya. Dulu Mobilio bisa menjual lebih dari 15 ribu unit, kini mencapai 5 ribu unit saja masih kesusahan.

Entah apakah Honda Prospect Motor (HPM) masih menaruh perhatiannya pada Mobilio, seiring dengan makin banyaknya model baru yang diluncurkan. Honda baru saja meluncurkan City Hatchback sebagai pengganti Jazz, serta N7X Concept.

1 COMMENT

Leave a Reply