Audi RS5 Batal Dibawa ke Indonesia Karena Ini

1
(MotorTrend)

RiderTua.com – Audi lewat Garuda Mataram Motor (GMM) baru saja menghadirkan mobil baru A5 Sportback di Indonesia. Tapi ternyata mereka sempat terpikir untuk membawa model anyar lainnya, tapi akhirnya dibatalkan. Model tersebut adalah Audi RS5 yang tak bisa dibawa karena standar emisinya tak sesuai dengan di Tanah Air. Tapi RS5 yang disebut bukan varian Coupe, ya.

Baca juga: Ada Dua Mobil Baru Dari Porsche dan Audi, Nih!

Audi RS5 Tak Bisa Dibawa Karena Standar Emisi

Sebenarnya GMM sudah punya model Audi RS5 di Indonesia, hanya saja dalam bentuk Coupe. Di luar negeri, mobil ini hadir dalam dua varian, yaitu Coupe dan Sportback, dan varian terakhir inilah yang belum dibawa ke Indonesia. Padahal varian ini juga tak kalah menariknya dengan versi Coupe.

RS5 sepertinya baru mendapatkan standar emisi terbaru disana, dan kali ini lebih tinggi dari mobil lainnya, yaitu Euro 6. Tentu ini standar tertinggi yang diterapkan di Eropa, dan mengingat kawasan ini sudah menerapkan aturan emisi yang cukup ketat. Sehingga produsen seperti Audi harus meningkatkan standar emisi mobilnya agar bisa lolos.

(CarsGuide)

Model Lain

Walau kedengarannya menarik, sayangnya varian RS5 selain Coupe tak bisa dihadirkan di Indonesia gara-gara standar emisi terbarunya. Kok bisa? Tentu saja, sebab Indonesia masih menerapkan standar emisi Euro 4, dan mobil ini sudah Euro 6. Tingkat standarnya yang dua kali lebih baik dikhawatirkan tak dapat menyesuaikan diri dengan pasar roda empat Tanah Air.

Sejauh ini belum ada mobil yang dijual di Indonesia dengan standar emisi Euro 6, paling tinggi cuma sampai Euro 5. Jika model tersebut tetap dijual disini dan diisi dengan bahan bakar yang tak sesuai, ditakutkan performanya menurun. Atau lebih buruk dari itu, mesinnya tak dapat memberikan kinerja yang bagus.

Apa yang diputuskan oleh GMM setidaknya sudah tepat, dan mereka harus menunggu hingga waktu tepat untuk menghadirkan varian lainnya untuk RS5. Untuk sekarang, Audi RS5 Coupe yang dihadirkan di Indonesia terlebih dahulu, termasuk A5 Sportback.

1 COMMENT

Leave a Reply