Penjualan Corolla Cross Hybrid dan Kicks e-Power, Lebih Laris Mana?

1
(Autofun)

RiderTua.com – Tak terasa sudah hampir setahun sejak Nissan Kicks e-Power dan Toyota Corolla Cross dijual di Indonesia. Kedua mobil crossover terbaru dari masing-masing produsen tersebut memiliki keunggulannya masing-masing, terlebih soal power train hybrid. Namun dari hasil penjualan yang didapat, Corolla Cross Hybrid yang lebih laris ketimbang Kicks e-Power. Ini membuktikan kalau Toyota memiliki pengaruh kuat di pasar roda empat Tanah Air.

Baca juga: Toyota Alphard-Vellfire, Kembar Tapi Berbeda

Corolla Cross Hybrid Lebih Laris?

Baik Corolla Cross maupun Kicks e-Power sama-sama dihadirkan di tahun yang sama dengan jenis yang sama pula. Keduanya juga memakai teknologi hibrida, walau agak berbeda satu sama lain. Sebab Kicks mengusung teknologi e-Power yang unik jika dibandingkan dengan jenis hybrid lainnya yang ada di pasar.

Selain itu, banderolnya yang lebih terjangkau dari Corolla Cross membuat Kicks e-Power unggul dalam hal ini. Meskipun begitu, dalam penjualan ternyata Kicks masih belum mampu mengungguli Corolla Cross Hybrid. Terbukti dengan hasil penjualan yang didapat oleh mobil Toyota tersebut selama empat bulan pertama pada tahun ini mencapai 770 unit.

Ini mobil yang takkan dapat insentif
(Electric Vehicle Web)

Toyota Tetap Mendominasi

Hasil tersebut terdiri dari penjualan di bulan Januari sebesar 109 unit, Februari 264 unit, Maret 235 unit, dan April 162 unit. Sementara Kicks e-Power hanya mampu menjual hingga 207 unit saja, selisih 500 unit dari rival utamanya. Dengan rincian 100 unit di bulan Januari, Februari 17 unit, Maret 20 unit, dan April 70 unit.

Dari sini bisa terlihat ada perbedaan yang begitu kontras dari penjualan kedua mobil ini. Entah mengapa penjualannya tak terlalu stabil, dan yang paling parah terjadi pada Kicks, dimana awalnya terjual 100 unit langsung turun 17 unit sebulan setelahnya. Mungkin ini ada kaitannya dengan penundaan pembelian mobil baru dari konsumen sebelum insentif.

Walau kalah dalam penjualan, setidaknya Kicks e-Power menawarkan teknologi hibrida yang berbeda dari Corolla Cross. Apalagi harganya juga lumayan lebih murah dari rivalnya tersebut, meskipun Corolla Cross menang banyak di segmennya.

1 COMMENT

Leave a Reply