Raize dan Fiturnya yang Lebih Canggih Dari Rush

1
(Medcom.id)

RiderTua.com – Mobil baru Toyota di Indonesia, Raize, memang dikenal sebagai ‘adiknya’ Rush. Tentu saja karena SUV ini memiliki ukuran yang lebih kecil dan hanya muat lima penumpang di dalamnya, tak seperti Rush yang sudah 7-seater. Meskipun begitu, Raize lebih unggul dari Rush soal kelengkapan fitur. Sebab mobil mungil ini sudah dilengkapi dengan fitur yang dipakai oleh model Toyota diatasnya.

Baca juga: Toyota Raize 7-Seater Bisa Jadi Kenyataan?

Raize Lebih Unggul Dari Rush Soal Kelengkapan Fitur

Saat ini Raize baru menyediakan pilihan mesin bensin 1.000 cc turbo, tapi tetap hadir dalam enam varian. Sedangkan mesin 1.200 cc naturally-aspirated (N/A) akan diluncurkan sekitar semester kedua tahun ini juga. Toyota Astra Motor (TAM) mengaku kalau mereka dan Astra Daihatsu Motor (ADM) masih menyiapkan produksi untuk varian tersebut.

Baik Raize maupun kembarannya, Rocky, kini dibekali dengan fitur keselamatan yang canggih, bahkan lebih canggih dari model sejenisnya. Untuk Raize, model ini sudah dilengkapi dengan lane departure assist, hill start assist, serta blind spot warning. Fitur semacam ini tak bisa ditemukan pada model Toyota lainnya dengan harga sama seperti Rush atau Avanza.

(Liputan6.com)

Toyota Safety Sense

Yang menarik dari Raize yaitu fitur Toyota Safety Sense (TSS), dan paket fitur keselamatan ini memang menjadi yang pertama diterapkan untuk mobil Toyota dengan harga Rp 300 jutaan. Selain itu, fitur ini kebanyakan hanya bisa ditemukan pada model lebih mahal seperti Corolla Altis atau Alphard. Meskipun fitur yang dimasukkan ke dalam Raize tak sebanyak kedua model tersebut.

Rocky juga mendapat perlakuan yang sama, yaitu mendapat fitur yang canggih. Hanya saja bedanya Rocky memiliki paket fitur keselamatan ‘TSS ala Daihatsu’, tapi fungsinga tak jauh berbeda. Meskipun diketahui kalau paket tersebut hanya menawarkan enam fungsi untuk Indonesia, sedangkan di Jepang bisa mencapai 12 fungsi.

Walau demikian, setidaknya dengan fitur ini membuat Raize dan Rocky lebih unggul dari mobil Toyota yang lebih tua darinya. Keduanya juga takkan menganggu Rush-Terios karena ditempatkan di segmen serta target konsumen yang berbeda.

1 COMMENT

Leave a Reply