Bisakah Penjualan Sepeda Motor di Indonesia Tembus 4 Juta Unit?

1
(Carmudi)

RiderTua.com – Ditengah kondisi yang tak menentu seperti sekarang, penjualan sepeda motor masih berjalan lancar. Walau tak dapat insentif seperti mobil, tapi setidaknya angka penjualannya lumayan stabil belakangan ini. Meskipun begitu, entah apakah penjualan sepeda motor di Indonesia tahun ini bisa tembus lebih dari 4 juta unit. Tentu itu angka yang tak sedikit, meski masih memungkinkan untuk tercapai.

Baca juga: Motor Royal Enfield Ini Ternyata Bermesin Diesel, Lho

Penjualan Sepeda Motor Bisa Tembus Lebih Dari 4 Juta Unit

Angka penjualan hingga 4 juta unit tentu bukanlah angka yang kecil, terlebih untuk pasar roda dua. Meskipun sebenarnya hasil tersebut bisa tercapai, karena biasanya angka penjualannya bisa lebih dari itu. Pernah suatu saat, hasilnya sempat tembus 5 juta unit, itupun kalau kondisi pasar masih normal.

Dengan keadaan padar yang masih belum sepenuhnya memulih, meningkatkan angka penjualan mungkin masih kesulitan. Tapi dengan makin banyaknya produsen motor yang berdatangkan ke Tanah Air, serta banyaknya motor baru yang dirilis, maka muncul harapan target yang ditetapkan bisa tercapai. Terbukti dengan hasil penjualan sepeda motor pada kuartal pertama tahun 2021 mencapai 1,2 juta unit.

(Astra Honda Motor)

Dominasi Skutik

AISI (Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia) menyebut kalau hasil penjualan tahun ini diprediksi bisa mencapai 4 juta unit, bahkan lebih dari itu. Kedengarannya itu prediksi yang cukup ambisius, terlebih kondisi pasar masih belum sepenuhnya membaik. Tapi dengan hasil yang didapat pada Q1 lalu, tentu target yang sangat tinggi tersebut diharapkan bisa.

Lalu AISI juga memprediksi kalau segmen skutik akan terus mendominasi angka penjualan roda dua di Indonesia. Memang karena saat ini makin banyak orang yang mencari-cari motor matik yang memiliki harga jual tinggi. Sementara motor bebek, sport, dan jenis lainnya yang mengisi ‘sisanya’.

Segmen skutik sudah tak bisa diremehkan lagi, karena dominasinya yang begitu kuat di pasar sepeda motor. Dengan bertambahnya sejumlah merek motor di Indonesia, maka penjualan bakal meningkat lebih jauh lagi seperti yang diharapkan.

1 COMMENT

Leave a Reply