Toyota dan Rencana Merakit Corolla Cross di Indonesia

0
(Autofun)

RiderTua.com – Tak terasa sudah hampir setahun sejak Corolla Cross dihadirkan di Indonesia oleh Toyota Astra Motor (TAM). Namun model ini masih didatangkan langsung dari negara tetangga, Thailand, dalam bentuk CBU. Toyota sendiri ingin segera merakit Corolla Cross secara lokal di Tanah Air. Dengan begitu mereka tak perlu repot-repot mendatangkannya dari luar.

Baca juga: Toyota bZ4X, SUV EV Agresif dan Sporty!

Toyota Ingin Merakit Corolla Cross di Tanah Air

Corolla Cross menjadi tambahan model ‘Cross’ yang ada di Indonesia, walau Yaris Cross sendiri tak didatangkan pula ke sini. Mungkin dari namanya banyak orang yang menyangka kalau ini adalah versi SUV dari model sedan Corolla, meski sebenarnya kurang tepat. Corolla Cross memakai platform yang sama dengan versi sedannya, hanya saja dengan sedikit penyesuaian.

Model ini mendapat sambutan baik dari konsumen Indonesia, terlebih varian hibridanya yang sempat menjadi model hybrid termurah. Harganya memang agak sedikit mahal, mengingat TAM masih mendatangkannya langsung dari Thailand. Saat itu Toyota belum bisa merakitnya di Indonesia karena belum menyiapkan tempat khususnya.

(Motor1)

Harga Bisa Lebih Murah

Tapi dengan makin tingginya permintaan akan model CUV seperti Corolla Cross, akhirnya TAM mulai terpikir untuk merakitnya secara lokal. Hanya saja produksi tersebut disebut bisa dimulai pada tahun depan setelah persiapan tempat produksinya selesai. Itupun juga termasuk model hybrid, entah itu Corolla Cross atau model Toyota lainnya.

Saat ini TAM masih mencari-cari model mana yang cocok untuk diproduksi nantinya. Mereka kini tengah menyiapkan pengembangan model hibrida untuk dirakit dan dijual di Tanah Air, salah satunya yaitu Avanza Hybrid. Mereka menganggap tahun ini menjadi momen yang pas untuk melakukan berbagai persiapan untuk pengembangan mobil ke depannya.

Jika Corolla Cross jadi dirakit disini, maka harga jualnya bisa ditekan lebih jauh lagi sehingga lebih murah dan terjangkau dari banderolnya sekarang. Tentu itu yang diharapkan Toyota, yaitu bisa menjual model hibrida dengan harga murah dan bisa menjangkau semua konsumen.

Leave a Reply