Segmen LMPV Mulai Membaik Pada Maret 2021

0
(AutoDeal)

RiderTua.com – Segmen Low MPV (LMPV) sejatinya menjadi segmen favorit konsumen di Indonesia. Namun dengan kondisi sekarang membuat segmen mobil sejuta umat tersebut mengalami penurunan tren. Tapi sejak bulan Maret lalu, penjualan mobil di segmen LMPV mulai mengalami peningkatan. Terlebih hasil penjualan model seperti Avanza mengalami kenaikan drastis dari bulan sebelumnya.

Baca juga: LMPV Avanza Laris Lagi Berkat Insentif Pajak

Penjualan Mobil di Segmen LMPV Mengalami Peningkatan

Insentif sudah mampu memberikan dampak bagus bagi penjualan mobil di Indonesia, terutama untuk model 1.500 cc ke bawah. Peningkatannya bahkan ada yang mencapai lebih dari 100 persen, dan itu sudah lebih baik dari tahun sebelumnya. Karena pada tahun lalu, total penjualannya tak mencapai target yang sudah ditetapkan sejak awal.

Avanza masih menjadi pemimpin penjualan mobil LMPV di Indonesia, dengan hasil mencapai 7.251 unit pada Maret 2021. Hasil tersebut sudah jauh lebih baik dari dua bulan sebelumnya pada tahun ini, atau bisa dikatakan lebih baik dari tahun lalu. Penjualannya yang menurun sepanjang tahun 2020 inilah yang membuat Avanza kehilangan tahta sebagai raja mobil terlaris di Tanah Air.

(Mitsubishi Motors Indonesia)

Avanza Unggul (Lagi)

Hasil tersebut juga membuat Avanza unggul jauh dari rival sekelasnya, salah satunya Mitsubishi Xpander. Mobil berlogo tiga berlian ini hanya mampu menjual 2.215 unit, dan itupun masih tertinggal jauh dari Avanza. Meskipun begitu, layaknya pesaingnya, Xpander sanggup terjual hingga lebih dari 2 ribu unit.

Dibawah Xpander ada Suzuki Ertiga yang terjual hingga 1.474 unit, dan hasil ini bisa dikatakan lebih sedikit dari model Suzuki lainnya seperti Carry. Selanjutnya ada Honda Mobilio dengan 1.148 unit terjual, disusul Daihatsu Xenia sebesar 1.025 unit dan Wuling Confero 870 unit. Nampaknya segmen ini masih didominasi oleh penjualan dari Avanza.

Meski demikian, peningkatan tersebut telah membuat segmen LMPV sedikit memulih dari sebelumnya. Pangsanya sudah kembali ke ‘level normal’, yaitu mencapai 16,4 persen, dan itu saja sudah lebih baik dari sebelumnya.

Leave a Reply