Mobil LCGC Listrik Dari Mitsubishi, Bukan i-MiEV?

0
(Mitsubishi Motors Indonesia)

RiderTua.com – Seperti yang diketahui sebelumnya, Mitsubishi dan Nissan kembali bekerja sama menggarap mobil baru. Kerja sama antar aliansi ini sudah menghasilkan model seperti Xpander-All New Livina. Kini Mitsubishi berencana untuk menghadirkan mobil baru berjenis LCGC bertenaga listrik. Artinya sudah jelas kalau model selanjutnya berupa mobil dengan harga murah dan tentunya ramah lingkungan.

Baca juga: 5,8 Ribu Unit Mobil Mitsubishi Terjual Pada Februari 2021

Mitsubishi Berencana Menghadirkan Mobil Baru

Kini sudah ada banyak jenis mobil listrik yang dihadirkan di pasar roda empat. Dari model hatchback, sedan, SUV, MPV, pikap double cabin, sampai mobil mewah dan sport semuanya ada. Tapi masih ada yang kurang, yaitu model murah atau di Indonesia dikenal sebagai LCGC, dan di Jepang disebut kei car. Walau sebenarnya sudah ada model EV jenis ini di pasar.

Mitsubishi misalnya, dimana mereka punya model yang dikenal sebagai i-MiEV. Meski sudah meraih kesuksesan dari mobilnya tersebut, Mitsubishi masih ingin mengembangkan produk serupa. Apalagi Nissan, yang meraih sukses besar dari jualan Leaf, tapi mereka belum punya model sejenis dengan i-MiEV. Sehingga keduanya kembali berkolaborasi untuk melahirkan produk anyar.

Strategi Nissan di Indonesia
(The Car Connection)

Model Mungil

Karena Mitsubishi dan Nissan sudah berpengalaman dalam mengembangkan mobil listrik, jadi tak sulit bagi keduanya untuk membuat yang baru. Tapi seperti biasa, mereka akan saling berbagi teknologi, mungkin juga termasuk platform mobil, layaknya Livina-Xpander. Modelnya tentu saja berupa mobil mungil seperti LCGC di Indonesia atau kei car di Jepang.

Belum jelas teknologi mana yang akan dibawakan oleh mobil baru ini, entah diambil dari Mitsubishi atau Nissan seperti punyanya Leaf. Yang jelas, mereka melakukan ini dengan tujuan baik, yaitu mengenalkan mobil EV kepada semua kalangan masyarakat. Baik itu kelas bawah dan kelas atas, semuanya bisa mendapatkan mobil listrik dengan harga murah ini.

Tentu itu akan menjadi produk yang memiliki potensi bisa laris manis di pasar. Apalagi Jepang sangat menyukai mobil listrik jenis ini. Bicara soal mobil listrik, entah apakah Mitsubishi dan Nissan bisa menghadirkan lebih banyak EV di negara lain termasuk Indonesia. Walau Mitsubishi dikabarkan sudah menyiapkan investasi untuk membuat Xpander Hybrid.

Leave a Reply