Daihatsu Raih Untung Besar Dari Insentif Pajak

0
(Pikiran Rakyat)

RiderTua.com – Sejak diberlakukannya insentif pajak untuk 21 mobil yang ada di Indonesia, banyak orang yang berburu membeli mobil idamannya. Akibatnya produsen mulai kebanjiran pesanan, bahkan bisa dipastikan hasil penjualannya akan meningkat. Daihatsu contohnya, dimana mereka mendapat banyak pesanan dari konsumen. Dari Xenia hingga Terios, ada empat model yang diincar oleh konsumen Tanah Air.

Baca juga: Pikap Gran Max Tetap Jadi Unggulan Daihatsu

Daihatsu Mendapat Banyak Pesanan Dari Konsumen

Untuk model yang mendapat keringanan PPnBM nol persen, ada empat mobil dari Astra Daihatsu Motor (ADM), yaitu Xenia, Terios, serta duo Luxio-Gran Max Minibus. Model seperti Sigra dan Ayla, serta Gran Max Pick-up tak termasuk didalamnya karena mendapat insentif khusus. Terlebih mobil pikapnya menjadi unggulan ADM sampai sekarang.

Walau demikian, dengan adanya insentif tersebut, banyak konsumen yang mengincar versi minibus-nya. ADM mencatat kenaikan permintaan akan Gran Max Minibus hingga 194 persen. Disusul ‘saudaranya’, Luxio, sebesar 197 persen dan Terios 253 persen. Kenaikan ini ternyata jauh lebih tinggi dari model Daihatsu lainnya.

(Liputan6.com)

Xenia ‘Bisa Terselamatkan’

Sementara pemesanan LMPV Xenia meningkat drastis hingga 220 persen. Kembaran dari Toyota Avanza ini nampaknya mulai banyak dilirik oleh konsumen sejak penjualannya menurun drastis sepanjang tahun 2020 lalu. Sepertinya dengan adanya insentif ini, nasib Xenia bisa terselamatkan dari keterpurukan hasil penjualan akibat kondisi pasar.

Tahun lalu menjadi tahun yang kurang menguntungkan bagi ADM dan produsen otomotif lainnya. Bagaimana tidak, bulan April dan Mei 2020 menjadi titik penurunan paling parah yang dialami produsen mobil di Indonesia. Dampaknya masih terasa sampai sekarang, seperti yang terjadi pada bulan Februari lalu. Walau saat itu banyak konsumen yang menunda untuk membeli mobil karena menunggu insentif.

ADM berharap bulan ini hingga akhir tahun 2021 akan meningkatkan hasil penjualannya setelah melalui masa sulit. Terlebih untuk model yang kurang laku di pasar seperti Xenia, berharap saja penjualannya bisa setara dengan Avanza atau Xpander. Meskipun nantinya ini akan membuat segmen LMPV dan LSUV kembali berjalan dengan sengit.

Leave a Reply