Yamaha YZF-R6 Diganti Dengan Model Baru?

0
(Yamaha Motorsports)

RiderTua.com – Meskipun cukup terkenal di kelasnya, nyatanya YZF-R6 mulai ketinggalan dari rivalnya. Mungkin inilah kenapa Yamaha harus menghentikan produksinya, karena motor ini sudah tak laku di pasar. Walau begitu ternyata Yamaha disebut sudah menyiapkan pengganti YZF-R6 yang akan dikenal sebagai YZF-R7. Kelihatannya hanya beda angka saja, tapi model anyarnya ini disebut bakal menawarkan sesuatu yang berbeda dari pendahulunya.

Baca juga: Yamaha Tertarik Hadirkan WR155 Supermoto?

Yamaha Disebut Sudah Menyiapkan Pengganti YZF-R6

Nampaknya produsen sepeda motor ini masih tak mau jauh dari kelas motor sport, terlebih YZF Series yang makin terkenal di seluruh dunia. Tapi tetap saja, model yang lama harus diganti dengan yang baru agar tetap tampil eksis di segmennya. Meskipun harus bertahan ditengah kondisi sekarang.

Aturan emisi yang semakin ketat juga menjadi salah satu penyebab kenapa YZF-R6 disuntik mati. Tak sampai disitu, konsumen lebih menyukai motor sport bermesin 600 cc ke atas atau motor adventure ketimbang model bermesin dibawah 600 cc. Walaupun di sejumlah negara seperti Indonesia, motor sport 250 cc masih banyak diincar oleh konsumen.

(Yamaha Motorsports)

Model Lebih Modern

Ketika Yamaha mengumumkan akan menyetop penjualan R6 di Amerika dan Eropa, kini muncul bocoran model terbarunya. Motor tersebut akan dikenal sebagai YZF-R7, dan dari namanya saja bisa dipastikan kalau model ini bakal menjadi penggantinya R6. Disebutkan kalau R7 sedang didaftarkan lewat CARB (California Air Resources Board) di Amerika Serikat.

Sebenarnya R7 bukanlah model anyar, karena motor ini pernah diluncurkan pada tahun 1999 sebagai motor bermesin 750 cc empat silinder. Entah mengapa R7 ‘menghilang’ begitu saja di pasar dan sempat dilupakan oleh banyak orang, Jadi bisa dipastikan kalau model yang didaftarkan adalah generasi terbarunya, atau paling tidak model reborn.

Sampai sekarang Yamaha belum mengkonfirmasi apapun soal bocoran YZF-R7. Tapi jika benar mereka tengah menggarap model ini, maka Aprilia RS660 akan memiliki lawan yang setara. Entah apakah mesin 750 cc 4 silinder yang menjadi ciri khasnya dibawa kembali pada model terbarunya.

Leave a Reply